Uncategorized

Meski Meninggal, Bayi Ini Selamatkan Nyawa Orang Lain

LONDON,BritaBrita.com- Dokter mengatakan tak ada lagi yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan nyawa bayi bernama Theo Omondi ini. Si bayi yang berusia 41 hari ini pun meninggal. Namun, dalam keadaan duka mendalam orang tuanya membuat keputusan yang luar biasa.

Ya, orang tua Theo memutuskan untuk mendonorkan organ bayi mereka. Hal ini membuat Theo menjadi donor organ termuda di Inggris dan organnya tak hanya menyelamatkan satu orang saja, tapi banyak orang lainnya.

“Mendonasikan organ bayi kami bukanlah keputusan yang mudah. Tapi kami percaya bahwa Theo pun pasti akan membantu orang lain jika dia hidup. Kami sangat bangga dengan apa yang bisa dilakukan Theo untuk orang lain,” tutur orang tua Theo yang enggan disebutkan namanya kepada media di Inggris, dikutip dari Today.

Salah satu resipien donor organ Theo adalah bayi berusia 5 bulan, Imogen Bolton. Ia didiagnosis Alveolar capillary dysplasia, kondisi paru-paru langka dan fatal. Dokter di Great Ormond Street Hospital di London mengatakan donor organ bisa menyelamatkan hidup Imogen.

Namun, dikhawatirkan Imogen tak bisa menemukan donor yang cocok dengannya. Hingga beberapa minggu kemudian, keluarga mendapat kabar bahwa ada donor paru-paru yang cocok dengan Imogen. Walaupun bobotnya hanya 2 kg, Imogen berhasil menjalani transplantasi paru-parunya.

“Kami sangat berterima kasih dengan keputusan orang tua Theo yang mau mendonorkan paru-paru bayinya kepada Imogen. Tanpa ‘hadiah’ dari mereka, bayi kami tidak akan ada di sini,” kata ibu Imogen, Hayley saat bersyukur dengan apa yang terjadi pada putrinya.

Seperti dikutip dalam laman detik.com,Tak hanya Imogen, beberapa orang lainnya juga menerima donor organ dari Theo. Ginjal Theo didonorkan kepada seorang anak dan sel hatinya didonorkan kepada enam orang lainnya.

“Donor organ Theo membuat kami damai. Kami hanya mencari keberadaan anak kami di manapun dan kapanpun. Salah satunya yang berharga adalah ‘keberadaan’ Theo di bayi Imogen yang juga sudah berjuang untuk hidupnya,” kata orang tua Theo.

Baca juga:1. Bayi Ini Dapat Donor Hati Setelah Menunggu Hanya 40 Menit

  1. Ingin Donor Organ? Keluarga Wajib Setuju   
  2. http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/fatwa/15/10/05/nvqm7f313-ini-syarat-donor-organ-tubuh- menurut-ajaran-islam

Editor : Syl

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button