Uncategorized

Bosch Luncurkan Kuri, Robot untuk Membantu Pekerjaan Rumah Tangga

LAS VEGAS,BritaBrita.com–Pekerjaan rumah tangga yang sering menumpuk membuat banyak orang kerap mengeluh. Namun, terobosan teknologi kini bisa membuat pekerjaan rumah tangga menjadi tidak begitu berarti.

img_20170120_100438

Adalah Mayfield Robotics, perusahaan yang didukung oleh Bosch, telah meluncurkan memamerkan Kuri untuk meringankan beban pekerjaan rumah tangga. Kuri adalah robot rumah tangga komersial pertama dari Bosch. RObot ini pertama kali dipamerkan di ajang Consumer Electronics Show 2016, Las Vegas.

Tinggi Kuri sekitar 50 cm dan dilengkapi dengan berbagai jenis sensor. Robot ini dapat mengelilingi dan menghafal seluruh ruangan sambil mencari tahu rute terdekat.

Memanfaatkan sensor yang ada, Kuri juga dapat menghindari objek dan juga tangga. Ia dapat menjawab berbagai pertanyaan manusia. Seperti dinukil dalam laman klikpositif.com, Kuri juga bisa merespons dengan memperlihatkan ekspresi muka saat manusia mengelusnya.

Dengan kamera 1080p yang tertanam dalam tubuh Kuri, pemiliknya bisa melihat keadaan rumah dari jarak jauh. Kuri juga mampu memainkan musik atau memberi tahu orangtua bahwa anak sudah pulang dari sekolah.

Selain itu Kuri dapat mengenali setiap individu orang di dalam rumah. Kala baterai sudah mau habis, robot pintar ini akan secara otomatis kembali ke tempat mengisi baterai.

Kuri sendiri sudah dikembangkan selama dua tahun belakangan oleh 30 insinyur robot. Robot tersebut bisa dipesan dengan harga 699 dollar AS atau sekitar Rp 9,3 juta, namun untuk saat ini hanya untuk pasar Amerika saja.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button