Uncategorized

Selain HIV/AIDS, Puluhan Kantong Darah Tercemar Raja Singa

Bengkulu,BritaBrita.com- Setelah temuan kantong darah tercemar HIV AIDS, Palang Merah Indonesia Kota Bengkulu menemukan 169 kantong darah dari para pendonor tercemar berbagai virus. Di antaranya virus raja singa (sifilis), Hepatitis C dan Hepatitis B sepanjang 2016 hingga akhir Januari 2017.

img_20170130_131343

Menurut Kepala Divisi Tranfusi PMI Kota Bengkulu Annelin Kurniati, temuan itu merupakan yang terbanyak di Indonesia dan sangat mengkhawatirkan. Jika tidak segera diantisipasi sejak awal, bisa saja kantong darah itu lolos ditranfusikan ke penerima donor darah dan menyebarkan penyakit berbahaya.

“Bahaya sekali dan kami akan evaluasi sistem deteksi donor sejak dini,” ujar Annelin seperti dinukil dalam laman liputan6.com, Senin (30/1/2017).

Dari 169 kantong darah terinfeksi itu terdiri atas pencemaran penyakit Hepatitis B sebanyak 48 kantong, hepatitis C sebanyak 52 kantong, raja singa sebanyak 47 kantong dan HIV 2 kantong darah.

Pada awal 2017, PMI kembali menemukan sebanyak lima kantong darah yang terinfeksi HIV/AIDS, satu kantong hepatitis C, satu kantong hepatitis B dan satu kantong sifilis.

Pemeriksaan HIV, Hepatitis B, Hepatitis C dan sifilis merupakan prosedur wajib yang dilakukan di PMI terhadap semua kantong darah  yang diterima dari pendonor.

Hampir semua pendonor yang mengidap virus dan bakteri HIV, Hepatitis B, C, serta Sifilis, terang Annelin, tidak menunjukkan gejala penyakit. Para pendonor tersebut merasa sehat dan tidak mengetahui di dalam darahnya terdapat penyakit.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button