Uncategorized

Ini 10 Tempat Wisata di Jambi Yang Paling Favorit

JAMBI,BritaBrita.com–Daftar tempat wisata di Jambi paling Indah dan populer yang wajib anda kunjungi. Jambi adalah provinsi yang berada di pesisir Pulau Sumatera. Jambi merupakan salah satu wilayah yang berada dalam kekuasaan Kerajaan Sriwijaya dahulu. Sehingga tak heran banyak terdapat berbagai kompleks candi yang berukuran besar dan kecil di Jambi.

Tak hanya sebagai wilayah Kerajaan Sriwijaya. Jambi juga terdapat banyak wisata sangat menarik untuk dikunjungi.  Inilah 10 tempat wisata Jambi yang favorit dikunjungi :

10 Tempat Wisata di Jambi Paling Indah yang Belum Banyak Orang Tahu

1. Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi, tempat wisata di jambi

Tempat wisata di Jambi ini adalah kompleks candi terluas yang ada di Indonesia. Tercatat pada tahun 2009, UNESCO menetapkan Candi Muaro Jambi  sebagai situs warisan dunia yang dilindungi. Selain candi, di komples tersebut  bisa menemukan perkakas rumah tangga yang menjadi bukti kawasan tersebut digunakan sebagai tempat tinggal biksu terdahulu. Tempat wisata yang bernuansa budaya tersebut berada di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muora Jambi atau terletak 26 KM dari pusat kota Jambi.

2. Tanggo Rajo

Tanggo Rajo, tempat wisata di jambi

Tanggo rajo adalah tempat wisata yang hamper mirip dengan Taman Alun-alun Kapuas atau Pantai Losari yang menyajikan berbagai wisata kuliner di pinggiran wisata perairannya. Tempat wisata yang banyak dikunjungi pada waktu sore dan malam hari adalah tempat wisata yang cocok untuk menikmati pemandanagn Sungai Batahari..

Selain dijadikan sebagai tempat rekreasi, Tanggo Rajo sering digunakan sebagai lokasi untuk menyambut  berbagai acara besar seperti, HUT Jambi dan berbagai acara besar lainnya. Tanggo Rajo bisa dikunjungi di Jalan Sultan Thaha, Pasar Jambi.

3. Monas Jambi

Monas Jambi, tempat wisata di jambi

Bukan hanya Jakarta saja yang memiliki Monumen Nasional atau sering kita sebut dengan Monas. Jambi juga memiliki monumen yang tak kalah hebatnya dengan kemegahan dari Monas Jakarta, berdiri kokoh di bundaran Pemerintah Kabupaten Jambi, Monas Jambi memiliki ukuran panjang yang tak terlalu tinggi seperti Monas Jakarta. Namun ciri khas yang dimiliki oleh tempat Wisata di Jambi ini adalah memiliki empat jamj dan empat ukuran yang berbentuk angsa.

4. Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

Taman Mini dan Taman Rimba Jambi, tempat wisata di jambi

Kompleks yang terbagi menjadi dua bagian ini adalah tempat wisata di Jambi yang memiliki dua tema yang berbeda. Taman Mini yang bernuansa wisata dan Taman Rimba Jambi yang bernuansa kebudayaannya yang kental. Taman Mini yang merupakan salah satu bagian dari kompleks tesebut adalah taman yang memiliki nuansa seperti Taman Mini  di Jakarta yang menampilkan berbagai replika bangunan khas  dari berbagai  daerah yang ada di Indonesia.

Tempat wisata yang selanjutnya adalah Taman Rimba yang menyerupai kawasan kebun binatang diberbagai tempat umumnya. Selain dua taman wisata tersebut, di kompleks tempat wisata yang memiliki luas sekitar 18 hektare ini ada stadion olahraga yang setiap pekannya selalu ramai dikunjungi pengunjung.

5. Kolam Renang Tepian Rajo

Kolam Renang Tepian Rajo, tempat wisata di jambi

Kolam renang di Jambi tersebut berada di Jalan Kapten Sujono, Kec. Kota Baru, atau berada sekitar 6 km dari pusat pemerintahan Jambi.

Kolam yang berukuran 20 x 50 meter ini memiliki standar internasional. Kolam renang ini terbagi menjadi dua kolam yang satu untuk dewasa dan anak-anak. Tak hanya kolam renang, di Tempat Wisata di Jambi tersebut memiliki wahana permainan air yang sangat pantas untuk dikunjungi.

6. Danau Sipin

Danau Sipin, tempat wisata di jambi

Danau Sipin selain terkenal dengan sebutan tempat wisata di Jambi. Danau ini adalah tempat yang digunakan untuk budidaya ikan air tawar contoh ikan mujair dan nila. Di tengah danau tak jarang terlihat berbagai peralatan untuk menangkap dan menjaring berbagai ikan tersebut. Untuk berkeliling Danau Sipin anda hanya perlu mengeluarkan uang 50.000 untuk tiga-empat orang. Setelah puas berkeliling, tak ada salahnya jika anda menyicipi berbagai wisata kuliner yang tersedia.

7. Taman Anggrek Sri Soedewi

Taman Anggrek Sri Soedewi, tempat wisata di jambi

Taman Anggrek ini berlokasi di Jalan Ahmad Yani atau lebih tepatnya berada di depan kantor Gubernur Jambi. Tempat wisata yang menyediakan berbagai informasi tentang cara perawatan anggrek yang baik dan tepat tersebut banyak dikunjungi oleh berbagai penggemar bunga. Tercatat ada  60 jenis bunga anggrek yang ada di tempat wisata yang memiliki luas sekitar 2,5 hektare ini. Jadi sangat diprioritaskan untuk penggemar bunga, tak ada salahnya jika berkunjung ke tempat ini. Saat pulang pun , akan dibekali oleh bibit bunga unggulan yang sudah disedikan oleh petugas.

8. Museum Negeri Jambi

Museum Negeri Jambi, tempat wisata di jambi

Museum Negeri Jambi berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo 1, Jambi. Bangunan museum yang menyerupai Rumah Kajang Lako yang merupakan rumah adat dari Jambi. Di dalam objek wisata jambi tersebut kita bisa menemukan koleksi benda bersejarah yang bernilai budaya Jambi. Seperti  contohnya peralatan berburu, anyaman khas Jambi atau berbagai hewan yang diawetkan.

Tempat wisata di Jambi ini dibuka Senin sampai Kamis pukul 08:00 sampai 15:00, Jumat pukul 07:15 sampai 11.00 WIB. Sedangkan untuk hari sabtu dan Minggu, museum ini libur.

9. Masjid Agung Al Falah

Masjid Agung Al Falah, tempat wisata di jambi

Masjid yang terkenal dengan sebutan sebagai Masjid Seribu Tiang ini memiliki berbagai keunikan pada bangunan masjidnya. Tempat peribadahan ini dipenuhi tiang penyangga tanpa dinding yang menyebabkan sirkulasi udara dan cahaya yang bisa bergerak secara terus menerus.

Masjid Agung Al Falah adalah tempat wisata di Jambi yang dibangun pada tahun  1971 sampai 1980. Tercatat masjid ini mampu menampung sekitar 10.000 jamaah. Masjid ini bisa kita temui disekitar Jalan Sultan Thaha Nomor 60, Kecamatan Telanaipura, Jambi.

10. Pasar Keramik Sitimang

Pasar Keramik Sitimang, tempat wisata di jamb

Jika anda adalah penggemar keramik. Tak ada salahnya jika berkunjung ke Jambi, menyempatkan waktu untuk berwisata di Pasar Keramik Sitimang, Jambi. Pasar yang menjadi produksi berbagai jenik keramik yang sudah diekspor ke berbagai daerah di tanah air tersebut,berada di Jalan Sisingamangaraja.

Sumber : lihat.co.id.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button