Uncategorized

Saat Cuaca Tak Bersahabat,Jaga Tubuh dengan Makanan Ini

JAKARTA,BritaBrita.com–Di cuaca yang tidak menentu dan kurang bersahabat seperti ini, konsumsilah jenis makanan peningkat daya tahan tubuh.

Apa sajakah jenis-jenis hidangan yang bisa kita siapkan untuk keluarga kita seperti dinukil dalam laman tribunnews.com?

Makanan Berkuah Hangat

Hangat kuah soto mi dan bakso seperti ini ampuh buat melawan dinginnya suhu udara kota Bogor. (TRIBUNNEWSBOGOR.COM/ ARDHI SANJAYA)
Hangat kuah soto mi dan bakso 

Suhu hangat akan mendorong kerja enzim pencernaan, meningkatkan penyerapan zat gizi, serta merangsang metabolisme tubuh secara umum. Contoh paling umum adalah sup hangat.

Kuah yang lazim diperlakukan sebagai penangkal flu ini bisa menjadi pilihan saat kita pulang kerja dalam keadaan basah dan kedinginan.

 Dalam keadaan hangat, sebagian lemak dan nutrisi larut lemak akan lebih mudah diserap dibandingkan dengan dalam keadaan dingin.

Minuman Hangat

Wedang ronde.
Wedang ronde.

Hal yang sama seperti pada kuah hangat juga berlaku pada minuman hangat, misalnya wedang dengan segala jenisnya.

Manfaatnya akan lebih optimal jika yang dibuat wedang adalah rempah-rempah dapur seperti jahe, serai, jeruk nipis, dan sebagainya.

Tak hanya menghangatkan badan secara seketika, wedang-wedang ini, terutama jika dicampur madu, juga bisa merangsang metabolisme tubuh serta memberi kita antioksidan yang bekerja jangka panjang.

 Masakan dengan Bumbu Komplet
REMPAH-REMPAH - Kuah empal gentong bersantan yang dibuat dari 10 rempah-rempah, sebagiannya didatangkan langsung dari Cirebon.
REMPAH-REMPAH – Kuah empal gentong bersantan yang dibuat dari 10 rempah-rempah, sebagiannya didatangkan langsung dari Cirebon.

Rempah-rempah adalah salah satu kekayaan dan rahasia kesehatan dunia Timur yang diakui oleh para peneliti Barat.

Aneka masakan dengan bumbu komplet akan memberikan lebih banyak zat-zat fitokimia kepada kita daripada masakan yang lebih mengandalkan rasa pada garam, gula, dan penyedap rasa.
Rempah-rempah memiliki zat gizi yang tidak terdapat di dalam nasi, roti, tepung, ikan, kedelai, daging, susu, dan bahan-bahan pangan utama yang biasa menjadi sumber karbohidrat, lemak, dan protein.

Buah Musim Hujan

Buah rambutan dari Binjai seharga Rp 15 ribu per ikat dijajakan di Jalan Gajah Mada, Medan, Senin (8/8/2011). Rambutan yang rasanya manis dapat menjadi alternatif pelengkap puasa selain kurma dan pisang. (TRIBUN MEDAN/TAUFAN WIJAYA)
 Beberapa jenis buah justru mulai masuk musim panen ketika masuk musim hujan, misalnya mangga atau rambutan. Ini adalah kesempatan untuk makan makanan sehat ini mumpung harganya sedang murah.

Buah-buah musim hujan banyak mengandung vitamin yang sangat berguna membantu menjaga daya tahan tubuh kita sehingga tidak mudah jatuh sakit setelah kehujanan.

Nah, itulah jenis-jenis makanan peningkat daya tahan tubuh yang bisa konsumsi di kala cuaca tidak menentu atau sedang akan sakit. Semoga kita selalu sehat, ya.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button