Uncategorized

Pesawat N245 dan R80 Masuk Proyek Strategis Nasional

JAKARTA,BritaBrita.com – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan ada dua proyek pembangunan strategis nasional miliknya yang telah disepakati dalam rapat Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) hari ini.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, dua peroyek yang disepakati dalam rapat hari ini. Keduanya adalah proyek pengembangan kawasan industri (KI) dan pengembangan pembangunan pesawat jarak menengah.

img_20170210_161335

“Tahun ini ada dua disetujui sebagai proyek strategis nasional. Ya segera bisa dibangun tahun ini,” ungkapnya di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (10/2/2017).

 

Ia pun mengatakan, setelah disepakati maka segera dibawa ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meminta persetujuan sehingga pembangunan bisa dilakukan secepatnya. Selain itu, pengembangan KI rencananya dilakukan di lima wilayah yaitu Bima, Serang, Dumai, Tanjung Kuning, dan Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur.

Untuk biaya proyek pengembangan KI di JIIPE, Gresik, ini memerlukan Rp50 triliun untuk jangka waktu 10 tahun yang akan digarap oleh pihak swasta dan PT Pelindo III.

“Jadi dukungan pemerintah lebih ke kawasan akses. Kalau untuk kawasan itu kontribusi jalan menuju ke sana, listrik menuju ke sana, pembangunan perkotaan di sekitarnya. Yang bangun kawasannya swasta,” ungkapnya seperti dinukil dalam laman okezone.com.

Sementara proyek penyediaan pesawat jarak menengah yang akan dikembangkan adalah pesawat tipe N245 dengan kapasitas 50 penumpang dan pesawat tipe R80 dengan kapasitas 80 penumpang.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button