Uncategorized

Trump Kalah di Pengadilan

WASHINGTON,BritaBrita.com — Partai Demokrat menyatakan kegembiraan setelah 9th US Circuit Court of Appeals atau pengadilan banding menolak larangan perjalanan yang dikeluarkan Presiden AS Donald Trump untuk warga dari tujuh negara mayoritas Muslim, Kamis (9/2). Senat Demokrat, Chuck Schumer turut memberikan tanggapan dalam akun Twitter pribadinya.

img_20170210_125802“Presiden Trump harus melihat tulisan di dinding, meninggalkan proposal, menyingsingkan lengan baju dan melakukan tindakan nyata untuk membuat kami tetap aman,” tulis Schumer, dikutip CNN.

Keputusan dari tiga hakim panel memungkinkan warga dari tujuh negara terlarang untuk tetap melakukan perjalanan ke AS, meski Trump telah menyatakan larangan bulan lalu. Keputusan ini merupakan kemunduran bagi pemerintahan baru AS.

Rival Trump dari Partai Demokrat, Hillary Clinton yang kalah dalam pemilihan umum November lalu, juga menanggapi kekalahan Trump di pengadilan. Ia hanya menulis 3-0 dalam akun Twitter pribadinya yang menunjukkan Trump telah kalah tiga kali.

Senator Ben Cardin dari Maryland mengatakan dalam “The Situation Room,” keputusan pengadilan membuktikan sistem checks and balances bekerja dengan baik di AS. “Ini menunjukkan pengadilan akan bekerja jika Presiden Trump menggunakan kekuasaannya dengan melampaui wewenang konstitusional,” kata Cardin seperti dinukil dalam laman ¬†Republika Online.

Gubernur Washington, Jay Inslee yang juga seorang Demokrat mengatakan kepada CNNTrump telah terkena pukulan telak. Namun Peter King, anggota Kongres Partai Republik dari New York, menuduh 9th US Circuit telah dipolitisir.

“Saya pikir 9th US Circuit mencoba menyisipkan opini atau keyakinan mereka terhadap kebijakan luar negeri dan imigrasi. Kasus ini harus dimainkan lagi di Mahkamah Agung,” ujarnya.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button