Uncategorized

Zakat Bisa Berkontribusi Atasi Kemiskinan Dunia

JAKARTA,BritaBrita.com – Potensi zakat dunia bisa dioptimalkan mengatasi masalah kemiskinan pada negara-negara berpenduduk muslim.

Harus ada rumusan strategis, agar penguatan zakat dalam sistem global, sehingga antarnegara bisa bersinergi. Sekretaris Jenderal World Zakat Forum (WZF) Ahmad Juwaini mengatakan kemiskinan di dunia banyak disumbang oleh negara-negara muslim, terutama di benua Afrika. Jika ada aliran dana zakat dari negaranegara kaya untuk menangani persoalan itu, maka dia yakin kemiskinan akan cepat teratasi.

zakat”Ini memerlukan keterlibatan berbagai pihak yang peduli urusan zakat di dunia untuk memberikan sumbangsih pemikiran dalam menghasilkan rumusan yang bernas,” ujarnya saat memberikan keterangan tentang penyelenggaraan Konferensi Zakat Dunia atau World Zakat Forum (WZF) 2017 yang akan berlangsung di Jakarta, 15-16 Maret 2017.

WZF adalah konferensi tiga tahunan para pegiat zakat dari berbagai belahan dunia, termasuk dari negara nonmuslim. Tahun ini, WZF mengusung tema Penguatan Peran Zakat Sebagai Instrumen Global Pengentasan Kemiskinan yang akan dihadiri perwakilan dari 50 negara. Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Bambang Sudibyo mengatakan, zakat di Indonesia telah dimanfaatkan sebagai salah satu instrumen resmi negara dalam upaya mengentaskan kemiskinan.

Pihaknya sebagai koordinator pengelola zakat di Indonesia juga terus berupaya melahirkan programprogram inovatif agar penyaluran zakat makin efektif dan tepat sasaran. ”Penyelenggaraan WZF 2017 di Indonesia ini sangat penting bagi pengelolaan zakat nasional, agar baik pemerintah maupun masyarakat akan makin yakin dengan manfaat dan peran besar zakat,” katanya seperti dinukil dalam laman koran-sindo.com.

Tahun ini penghimpunan zakat secara nasional yang dilakukan oleh seluruh organisasi pengelola zakat resmi di Indonesia ditargetkan mencapai Rp6 triliun atau meningkat 20% dari tahun 2016. Jumlah tersebut diharapkan dapat mengentaskan 1% penduduk miskin di Tanah Air atau sekitar 280.000 jiwa.

Anggota Panitia Pengarah WZF 2017 yang juga Pemimpin Pusat Pungutan Zakat (PPZ) Malaysia Amran Hazali mengatakan, WZF merupakan satu wadah penyatuan yang bertujuan menggabungkan para amil seluruh dunia untuk memikirkan bagaimana zakat dapat dikelola dengan sebaik mungkin demi kepentingan umat.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button