Uncategorized

45 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga

JAKARTA,BritaBrita.com–Kumpul bersama keluarga bisa jadi hal yang paling menyenangkan, jika sehari-hari selalu disibukkan dengan pekerjaan. Tak heran, bila beberapa orang menganggap momen bersama keluarga ini menjadi salah hal yang spesial. Nah, supaya family time lebih berkesan, seperti dinukil dalam laman combiphar.com, lakukan 45 kegiatan seru berikut ini :

kumpul-keluarga

1. Pergi ke Pasar

Jika biasanya pergi belanja sendiri, ajaklah keluarga pergi ke pasar untuk belanja bersama. Selain lebih seru, juga memudahkan menentukan bahan-bahan yang akan dijadikan menu makan keluarga.

2. Memasak Bersama

Usai berbalanja, ajaklah keluarga masak bersama. Tumbuhkan keseruan dengan membagi tugas memasak, seperti siapa yang membuat salad, menu utama dan hidangan penutup.

3. Membuat Smoothie

Membuat smoothie bersama jadi ide seru dan menarik untuk mengenalkan keluarga pada aktivitas hidup sehat. Siapa tahu, dapat ide membuat smoothie kombinasi yang lezat dan sehat.

4. Jalan-Jalan Sehari

Hari libur tidak harus di rumah bukan? Kamu bisa mengajak keluarga jalan-jalan sehari, seperti ke taman kota yang rimbun dan sejuk.

5. Pergi ke Gym

Menghabiskan family time dengan melatih kebugaran ke gym sepertinya bukanlah ide yang buruk. Dengan personal trainer, ajaklah keluarga berlatih yoga bersama.

6. Berkebun

Lifehack.org menyebut bila berkebun termasuk salah satu kegiatan yang bisa mempererat hubungan keluarga. Kamu bisa mencoba menanam sayur atau bunga bersama keluarga di pekarangan rumah.

7. Taman Bermain

Barangkali si kecil jarang mendapatkan perhatian dari keluarga. Manfaatkan waktu libur dengan mengajaknya pergi ke taman bermain.

8. Main Tebak Koin

Bermain tebak koin yang dilempar, seperti gambar atau angka, mungkin terdengar aneh. Namun, jika dilakukan bersama keluarga dapat memunculkan keseruan tersendiri.

9. Berenang Bersama

Menurut lifehack.org, berenang dapat melatih otot tubuh agar aktif bergerak. Jika dilakukan bersama-sama keluarga, selain seru, pastinya bisa membuat sekeluarga punya tubuh yang bugar pula.

10.  Menulis Cerita

Sediakan kertas dan peralatan tulis-menulis untuk semua anggota keluarga. Bila memiliki anak yang masih belum bisa menulis, boleh dibantu dengan gambar. Minta masing-masing anggota keluarga menuliskan apa saja kegiatan paling seru minggu ini. Lalu, hasilnya bisa dirangkum dan di-bundle menjadi sebuah buku setiap minggu atau bulannya.

11.  Bermain Petak Umpet

Di samping kejar-kejaran, permainan tradisional yang tidak kalah seru untuk dicoba bersama keluarga adalah petak umpet. Sediakan hadiah kecil-kecilan, agar lebih semangat bermain.

12.  Pergi ke Tempat Bowling

Jarang-jarang ada kesempatan berkumpul dengan keluarga. Manfaatkan untuk pergi ke tempat bowling. Seru, sekaligus bisa memberi pelajaran baru untuk si kecil.

13.  Lomba Melukis

Bukan lomba sungguhan, melainkan ajak keluarga di rumah melukis. Supaya lebih seru, buat lomba kecil-kecilan, seperti lukisan siapa yang paling bagus.

14.  Menggambar Pemandangan

Kebetulan di rumah sedang tidak ada cat lukis, bisa mengalihkan kegiatan dengan menggambar bersama. Hhs.gov, menjelaskan bila menggambar dapat membantu mengasah kreativitas.

15.  Menari di Ruang Keluarga

Dari pada bosan, setel lagu-lagu bertempo cepat, agar keceriaan di akhir pekan bisa lebih semangat. Kemudian, ajak keluarga menari dan seru-seruan di ruang keluarga.

16.  Melihat Pertunjukan

Bisa juga pergi ke tempat pertunjukan, seperti pertunjukan wayang, boneka, teater atau operet. Di samping seru, juga akan membuat family time berbeda.

17.  Menonton Film di Bioskop

Sedang ada film-film keluarga yang seru, ajak saja keluarga menonton bersama. Apalagi, jika bioskopnya 3D atau 4D, pastinya membuat keseruan menonton bersama keluarga semakin berkesan.

18.  Berkunjung ke Museum

Menurut museumoflight.org, berkunjung ke museum merupakan langkah edukatif paling efektif untuk mengenalkan budaya dan sejarah. Ajaklah keluarga ke museum terdekat dengan rumah.

19.  Mendongeng Bergantian

Di luar sedang hujan? Kamu masih bisa mengisi family time dengan mendongeng bergantian di rumah. Tidak hanya dapat melatih daya motorik otak, khususnya pada anak-anak, tetapi juga meningkatkan kehangatan dalam keluarga.

20.  Bersepeda Bareng

Pagi-pagi di hari libur tampaknya menyenangkan jika digunakan untuk berkeliling desa. Ambil sepeda, dan ajak keluarga bersepeda bersama. Selain menyehatkan, aktivitas ini dapat menjaga kekompakan keluarga.

21.  Mendaki

Tidak harus ke gunung. Bisa ke bukit-bukit terdekat. Hhs.gov menjelaskan mendaki dapat mengasah stamina. Hasilnya, bukan hanya seru, namun tubuh yang sehat juga didapat.

22.  Pergi ke Kebun Binatang

Tumbuhkan rasa kecintaan pada aneka satwa dengan mengajak keluarga berakhir pekan di kebun binatang. Melalui cara ini, rasa kepedulian pada kelestarian hewan juga ikut terbangun.

23.  Safari di Taman Nasional

Ajak keluarga bersafari ke taman nasional. Dengan bantuan pemandu, kamu dan keluarga bisa melihat langsung hewan-hewan liar berlarian di habitatnya.

24.  Memasak Roti

Punya keterampilan membuat roti? Ajarkan kepada keluarga dan ajak mereka membuat roti bersama di rumah. Kekompakan yang terbangun, dapat menumbuhkan kedekatan emosional dalam keluarga.

25.  Bermain Layang-Layang

Mumpung cuaca sedang cerah, ajak keluarga bermain layang-layang bersama. Biar lebih seru, kreasikan motif layang-layang sendiri.

26.  Bermain Baseball

Baseball bisa dicoba untuk mengisi liburan bersama keluarga. Selain penuh keseruan, dengan berolahraga juga membuat tubuh lebih bugar.

27.  Pergi Piknik

Bisa jadi piknik menjadi aktivitas favorit yang bisa dilakukan bersama keluarga. Siapkan makanan dan pergi piknik bersama keluarga.

28.  Lompat Tali

Masih ingat lompat tali bukan? Yuk, ajak keluarga bernostalgia dengan bermain lompat tali bersama. Kegembiraan yang muncul satu sama lain, dapat membuat anggota keluarga lebih akrab.

29.  Menanam Pohon

Belakangan banyak ekowisata yang menawarkan aksi menanam pohon di hutan atau tanaman mangrove. Biar lebih seru, ajak keluarga menanam pohon bersama.

30.  Lempar Bola

Jika punya hewan peliharaan, bisa diajak untuk bermain lempar bola bersama. Jika tidak, bisa juga bergantian bermain lempar bola bersama keluarga.

31.  Outbond

Sesekali outbond bersama keluarga patut dicoba. Keseruan memanjat pohon, merangkak di bawah jaring dan permainan lain, akan menumbuhkan kerjasama dan rasa saling percaya dalam keluarga.

32.  Mencuci Mobil

Bagaimanapun mencuci mobil bersama-sama lebih seru dan menyenangkan. Selain itu juga, membuat lebih cepat selesai, sehingga dapat mengalokasikan waktu untuk aktivitas yang lain.

33.  Membersihkan Jendela

Banyaknya jendela di rumah barangkali akan butuh waktu lama jika dibersihkan sendiri. Libatkan keluarga dan bikin keseruan saat membersihkan jendela, seperti siapa yang paling dulu selesai.

34.  Berkemah di Halaman

Jika dilakukan bersama keluarga, berkemah di halaman belakang rumah yang tampak biasa akan lebih seru dan berkesan. Jangan sampai melewatkan juga melihat bintang jatuh di malam hari.

35.  Bermain Gelembung Sabun

Menurut lifehack.org, bermain gelembung dapat menimbulkan keseruan tersendiri. Apalagi jika dilakukan bersama keluarga.

36.  Pergi ke Taman Hiburan

Ada banyak macam wahana yang tersedia di taman hiburan. Coba atau naiki satu-satu wahana tersebut bersama keluarga. Dengan begitu keseruannya bisa lebih berkesan.

37.  Pergi ke Pantai

Pantai memang menawarkan kesejukan dan pemandangan yang indah. Jika bsia dinikmati dengan keluarga, otomatis keseruannya bisa lebih terasa.

38.  Bermain Monopoli

Enggan ke luar karena cuaca yang amat terik? Ambil permainan monopoli dan mainkan dengan keluarga agar keseruannya bisa dirasakan bersama.

39.  Makan Malam di Restoran

Jamuan makan malam yang tak biasa akan membuat agenda berlibur menjadi istimewa. Lebih-lebih jika bisa dinikmati bersama keluarga.

40.  Menyewa Vila

Supaya tidak bosan dengan suasana rumah yang barangkali terkesan begitu-begitu saja, menyewa vila dan menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga di sana, dapat menjadi pilihannya.

41.  Membuat Album Keluarga

Salah satu hal paling menyenangkan adalah melihat kembali kenangan indah di masa lalu. Pernikahan, kelahiran si kecil, hingga perkembangan mereka dari bulan ke bulan. Kumpulkan foto-foto lama maupun video. Ajak semua anggota keluarga membuat album foto bersama. Tambahkan catatan-catatan kecil atau stiker untuk membuat album keluarga semakin menarik.

42.  Memotret Alam

Melihat indahnya alam saja, tanpa diabadikan, rasanya amat disayangkan. Sediakan kamera dan ajak keluarga berburu foto pemandangan alam bersama.

43.  Pergi ke Perpustakaan

Ada banyak bacaan menarik yang tersedia di perpustakaan. Agar waktu libur juga bisa dimanfaatkan untuk menambah wawasan, membaca bersama keluarga di perpustakaan tampaknya seru untuk dilakukan.

44.  Membuat Es Loli

Cuaca yang panas memang bawaannya ingin menyantap yang dingin-dingin saja. Ajak saja keluarga untuk membuat es loli, seperti dari jus buah di rumah. Selain lebih sehat, juga lebih seru tentunya.

45.  Berkunjung ke Panti Sosial

Lifehack.org menjelaskan berkunjung ke panti sosial dapat melatih rasa empati dan kepekaan diri terhadap sesama. Selain itu, jika dilakukan bersama keluarga, apalagi di hari libur, dapat menjadi pengalaman manis yang berkesan.

Coba sebutkan, mana kegiatan seru yang ingin segera kamu lakukan bersama keluarga? Silakan dicoba di rumah yuk, Healthy People.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button