OTOMOTIF

Berlomba Saling Klaim Jadi Browser Paling Irit

JAKARTA,BritaBrita.com–Sadar atau tak sadar peran perangkat browser atau perambah sangat vital pada gadget untuk membantu pencarian informasi, percakapan dengan teman, mengirim email, dan sebagainya. Di era serba digital, kegiatan berbelanja barang online, membaca berita, dan ber-media sosial juga dilakukan melalui “pintu” perambah.

Perusahaan teknologi seperti Google tak pernah puas menyodorkan layanan yang lebih baik dari sebuah versi perangkat lunak sebelumnya. Google melakukan perbaikan pada perambah Chrome. Chrome 57 ini diklaim lebih irit 25 persen dari sebelumnya, karena menggunakan teknologi baru. Secara sederhana, Chrome bisa mencegah “tab” yang ada di background atau latar belakang menguras baterai laptop.

gadget-saling-klaimSudah menjadi kebiasaan kini saat berselancar di dunia maya, pengguna membuka banyak situsweb melalui deretan tab. Perlu diingat, situsweb sekarang memiliki konten multimedia yang cukup beragam. Selain itu, banyak konten-konten lain dari situsweb yang cukup berat ditampilkan perambah seperti video dan tampilan cantik situsweb memanfaatkan Javascript, Jquery, dan pelbagai program lainnya.

Saat seseorang berselancar di dunia maya dengan membuka banyak tab di perambah, meskipun tab tersebut tidak tampil di layar utama laptop, secara tak sadar tab-tab tersebut masih bekerja di latar belakang. Laman Developer Google menyebut, tab yang bekerja di latar belakang memiliki efek negatif dalam performa suatu perambah.

Lebih jauh lagi akan menghasilkan efek negatif pada komputer secara keseluruhan. Tab yang bekerja di latar belakang, mengkonsumsi energi hingga sepertiga konsumsi energi yang diserap oleh perambah. Artinya dengan memperbaiki konsumsi energi pada proses latar belakang itu maka memperbaiki performa secara signifikan bagi sebuah perambah.

Secara teknis, aksi Chrome menangani tab yang bekerja di latar belakang kini mulai berbeda. Sebagaimana diwartakan Gizmodo, tab yang bekerja di latar belakang diberikan alokasi waktu oleh algoritma Chrome terbaru untuk melakukan proses-proses komputasi selama 10 detik. Chrome akan membatasi tab yang bekerja di latar belakang untuk hanya menggunakan 1 persen inti CPU sebuah komputer.

Dengan batasan proses komputasi tersebut, CPU dan pelbagai komponen komputer terkait akan bekerja lebih ringan. Hal demikian tentu akan mengakibatkan konsumsi energi lebih hemat. Kenyamanan perambah Chrome dengan fitur hemat energi tersebut bisa dirasakan pengguna di pembaruan Chrome versi 57. Mudahnya, pengguna tinggal melakukan update untuk merasakan dampaknya, terutama saat berselancar secara mobile. Upaya memperbaiki layanan perambah yang hemat energi bukan hanya dilakukan oleh Google saja. 

Berlomba Saling Klaim Jadi Browser Paling Irit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button