OTOMOTIF

Tiru Google Maps, Facebook Messenger Bisa Lacak Lokasi Teman

JAKARTA,BritaBrita.com–Sejak dahulu Facebook merancang agar aplikasi Messenger punya fitur berlimpah dan pengguna bisa melakukan eksplorasi.

images-4

Kini, Facebook melakukan pembaruan pada Messenger yang menghadirkan fitur berbagi lokasi di dalam aplikasinya bernama Live Location. Pengguna tidak hanya bisa berbagi lokasi dengan satu orang melainkan dalam sebuah grup obrolan.

Seperti fitur yang baru dikeluarkan Google Maps, fitur Live Location ini juga memberi kemampuan pada pengguna untuk melacak lokasi teman atau keluarga.

Setelah berbagi lokasi, pengguna bisa melacak lokasi temannya itu selama 60 menit ke depan. Pengguna akan menerima perkiraan waktu untuk tiba di lokasi temannya.

“Orang-orang mengatakan jika Live Location sangat membantu ketika ingin bertemu dengan teman. Fitur ini memberitahu seberapa dekat kamu dengan teman ketika sedang berada di tengah perjalanan untuk menemuinya,” tulis Facebook dalam blog resmi seperti dinukil dalam laman kumparan.com.

Berikut penjelasan menggunakan Live Location di Messenger:

– Untuk berbagi lokasi, tekan ikon ‘Location‘ atau ‘More‘ lalu pilih lokasinya

– Terdapat peta dari lokasi terkini pengguna dan pilihan berwarna biru untuk membagikan lokasi

– Jika pengguna memilih untuk membagikan lokasinya, orang-orang yang dibagikan dapat melihat pergerakan pengguna selama 60 menit ke depan

– Pengguna akan mendapatkan perkiraan waktu untuk tiba di lokasi temannya

– Pengguna bisa berhenti membagikan lokasinya kapan pun dengan memilih ‘Stop Sharing

– Ada jam di bagian bawah kanan peta yang menunjukkan waktu yang tersisa dari durasi berbagi lokasi.

Selain itu, pengguna juga bisa membagikan lokasi dari suatu tempat yang diinginkan, misalnya restoran, kedai kopi, dan sebagainya. Pengguna bisa memilih ikon ‘Location‘ atau ‘More‘, kemudian pilih ikon berwarna merah di bagian atas kanan untuk memilih lokasi pertemuan yang diinginkan.

Messenger sendiri sebelumnya adalah bagian dari aplikasi Facebook di perangkat mobile, tetapi perusahaan jejaring sosial ini melepasnya menjadi aplikasi mandiri pada 2014.

Dengan adanya fitur ini, Facebook tampak mulai menjamah persaingan dengan Google Maps sebagai platform peta dan navigasi paling digemari.

Facebook sendiri telah menguasai industri jejaring sosial berkat platform Facebook dan Instagram. Mereka juga telah menguasai bisnis pesan instan berkat kepemilikan WhatsApp.

Editor : Syl

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button