POLITIK

Lima Tersangka Makar Resmi Ditahan

JAKARTA,BritaBrita.com–Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, mengatakan para tersangka kasus dugaan pemufakatan makar sudah resmi ditahan sejak Sabtu (1/4), dini hari. Mereka ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono
“Kelima tersangka dilakukan penahanan. Ini dilakukan karena subjektifitas penyidik dengan alasan bahwa pertama tidak melarikan diiri, menghilangkan barang bukti, dan tidak mengulangi perbutannya,” kata Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2017).
Sampai saat ini, belum ada penangguhan yang diajukan oleh kelima tersangka. Namun mereka diberika hak untuk mengajukan penangguhan penahanan.
“Yang pasti itu hak tersangka. Nanti penyidik yang akan menilai apakah ini layak untuk ditangguhkan atau tidak,” ujar Argo.
Dia juga mengatakan penahanan akan dilakukan selama 20 hari. Polisi akan berusaha merampungkan berkas pemeriksaan selama masa penahanan tersangka, termasuk mencari tahu sumber uang yang ikut disita polisi saat menangkap al Khaththath.
“Itu sedang kita dalami, memang ada beberapa barang yang disita dari tersangka pak al khathtath ya. Di situ ada beberapa dokumen ada beberapa termasuk uang Rp 17 juta, makanya sedang kita dalami kembali uang itu untuk apa,” jelas Argo seperti dinukil dalam laman kumparan.com.
Polisi menangkap 5 tersangka dugaan pemufakatan makar, Jumat (31/3). Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam, Muhammad al Khaththath, diamankan di Hotel Kempinski bersama dengan barang bukti berupa uang tunai Rp 17,85 juta, spanduk, dan sejumlah dokumen.
Tersangka lain–Zainuddin Arsyad, Dhiko Nugraha, Irwansyah, dan Adriansyah–juga ditangkap pada hari yang sama. Mereka merupakan petinggi beberapa kelompok elemen mahasiswa dan masyarakat.
Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button