OTOMOTIF

Fakta Balap Dua Seri MotoGP 2017

JAKARTA,BritaBrita.com –MotoGP tahun ini telah berjalan dua balapan dan memasuki kali ketiga akhir pekan mendatang di Sirkuit Austin, Texas, Amerika Serikat. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang angka MotoGP musim ini, dilansir dari Speedweek, Senin (17/4).

Valentino Rossi, Maverick Vinales, dan Cal Crutchlow (dari kiri ke kanan) di podium GP Argentina, pekan lalu.
Valentino Rossi, Maverick Vinales, dan Cal Crutchlow (dari kiri ke kanan) di podium GP Argentina, pekan lalu.

1. Enam balapan MotoGP terakhir dimenangkan enam pembalap berbeda, yaitu  Marc Márquez (Repsol Honda), Cal Crutchlow (LCR Honda), Andrea Dovizioso (Ducati), Jorge Lorenzo (Ducati), dan Maverick Viñales (Movistar Yamaha). Vinales memenangi dua seri pada balapan 2017.

2. Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina adalah satu dari lima sirkuit di mana Jorge Lorenzo tak pernah meraih podium pertama, setelah Austin, Sachsenring, Sepang, dan Red Bull Ring di Spielberg, Österreich.

3. Aleix Espargaró (Aprilia Racing Team Gresini) mencetak rekor baru untuk Aprilia dengan meraih posisi keenam di GP Qatar. Ini merupakan hasil terbaik yang pernah diraih tim ini di MotoGP. Colin Edwards juga melaju di pembuka musim pada 2003 di Suzuka, Jepang dengan meraih posisi keenam.

Lihat Juga :  Test Drive Hyundai CRETA, Fitur Canggih, Inovasi Kenyamanan Berkendara

4. Marc Marquez memenangi balapan di sirkuit Termas de Rio Hondo pada 2016 bersama rekan satu timnya, Dani Pedrosa. Tahun ini kali pertama keduanya gagal naik podium karena insiden kecelakaan.

5. Kemenangan Maverick Vinales di GP Qatar dan GP Argentina menjadikannya pembalap Yamaha selanjutnya yang berhasil mengamankan podium satu di dua balapan pertama, setelah Wayne Rainey pada 1990.

6. Lap tercepat GP Qatar 2017, yaitu 1,891 detik diraih Johann Zarco dari Tech 3 Yamaha. Waktu tercepat yang pernah dicatat pembalap MotoGP di sirkuit ini tahun-tahun sebelumnya berkisar dua detik.

Lihat Juga :  Warga Indonesia Bangun Bisnis Blockchain di Sillicon Valley

7. Alex Rins dari Suzuki Ercstar berhasil menjadi rookie terbaik yang bisa meraih posisi kesembilan di Qatar sejak Scott Reddings di posisi ketujuh pada GP Qatar 2014.

8. Dengan meraih podium ketiga di Qatar dan kedua di Argentina, Valentino Rossi memecahkan rekor sebagai pembalap MotoGP yang sudah berkarier di atas 20 tahun, namun masih bisa meraih podium. Prestasi serupa pernah diraih Angel Nieto yang meraih podium kedua setelah melajut 20 tahun. (Republika.co.id)

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button