Uncategorized

Lima Pertanyaan yang Sering Ditanyakan dalam Wawancara Kerja (1)

JAKARTA,BritaBrita.com–Persiapan yang baik merupakan kunci dari lolos wawancara. Maka dari itu dibutuhkan persiapan yang matang untuk melaluinya. Jangan sampai wawancara yang merupakan pintu masuknya sebuah pekerjaan akan kacau berantakan dan harus cari lowongan kerja lagi. Berpenampilan dengan rapi, tampak professional, dan memakai pakaian yang tepat adalah sangat penting. Juga bagaimana menghadapi wawancaranya, berikut ini contoh wawancara pekerjaan yang sering ditanyakan :

wawancara-kerja

1. Tell Me About Your Self! (Ceritakan tentang diri Anda!)

Inilah pertanyaan yang sangat sering ditanyakan oleh pewawancara pertama kali saat tes wawancara. Demikian halnya dalam Bahasa Inggris, hal ini sangat umum ditanyakan untuk mengetahui performance pertama kali peserta terutarna dalam kosa katanya menggunakan Bahasa Inggris.

Ketika Anda diberikan pertanyaan ini, maka jawablah dengan secara umum. Interviewer tidak ingin Anda menceritakan keseluruhan jalan hidup Anda. Namun, jelaskan siapa nama Anda, Anda lulusan bidang apa, posisi Anda dimana, dan apa keunggulan Anda dibandingkan yang lain.

Contoh Jawaban :

Hello sir, my name is Budi, I am a fresh graduate at English department of Indonesian University. Even though a fresh graduate, I have experiences as privateteacher for 3 years, lecture assistant for about 2 years, and a leader of the biggestEnglish club in my University. l am also an Internet Marketing expert so it is quite useful for your product selling.

Halo Pak, nama saya Budi, saya seorang yang baru saja lulus di jurusan Bahasa Inggris Universitas Indonesia. Meskipun baru lulus, saya memiliki pengalaman sebagai guru privat selama 3 tahun, Asisten Dosen selama 2 tahun, dan pemimpin klub Inggris terbesar di Universitas saya. Saya juga seorang ahli Internet Marketing sehingga cukup berguna untuk menjual produk Anda.

2. What About This Job Interests You? (Bagaimana pekerjaan ini membuat Anda tertarik?)

Interviewer ingin mendengarkan jawaban Anda menge­nai kenapa Anda tertarik terhadap pekerjaan ini Jawab dengan kalimat yang singkat dan jelas. Sekedar tips, disarankan bagi Anda untuk memberikan keyakinan bahwa Anda tertarik karena mempunyai pengalaman yang mumpuni dan kemampuan tambahan yang tidak kalah bagus. Sejatinya, interviewer ingin menguji seberapa pantasAnda untuk bergabung dengan mereka.

Contoh Jawaban :

Your company is one of my top choices and I come here because my experiences and interests are quite useful for this educational institution. I can teach the studentsand I can also handle the task of marketing by internet. As I told before that Internet marketing is one of my expertise.

Perusahaan Anda adalah salah satu pilihan teratas saya dan saya datang ke sini karena pengalaman dan minat saya sangat berguna untuk institusi pendidikan ini. Saya bisa mengajar siswa dan saya juga dapat menangani tugas pemasaran dengan internet. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa pemasaran Internet adalah salah satu keahlian saya.

3. What Do You Know About Our Company? (Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?)

Pewawancara ingin mengetahui seberapa jauh kamu telah mengenal tentang perusahannya. Anda dapat menjawabnya dengan mencari tahu dari referensi yang tersedia, seperti teman, koran, majalah, website perusahaan, atau orang yang sudah bekerja di perusahaan tersebut.

Contoh Jawaban :

Your company is one of the biggest in Indonesia. It could doubled its revenue last year. I heard that your company get at least 200 applicants a day. I think more and more people want to work in this amazing company.

Perusahaan Anda adalah salah satu perusahaan yang terbesar di Indonesia. Bisa dua kali lipat pendapatan tahun lalu. Saya mendengar bahwa perusahaan Anda mendapatkan setidaknya 200 pelamar per hari Saya pikir semakin banyak orang ingin bekerja di perusahaan yang menakjubkan ini

4. Why Do You Want To Work At Our Company? (Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami)

Contoh Jawaban :

It would bean privilege for me to work in your esteemed organization. When I read about your company, I found that my skills and qualities are matching with the companies requirements. As a fresher I am looking for a platform which will enhance my passion for continuous learning. If given an opportunity, I will create value for your company through my knowledge, hard work, and persistence. 1 will try to give by best.

Ini akan menjadi kehormatan bagi saya untuk bekerja di organisasi Anda yang terhormat. Ketika saya membaca tentang perusahaan Anda, saya menemukan bahwa keterampilan dan kualitas saya sesuai dengan persyaratan perusahaan. Sebagai lulusan baru Saya mencari platform yang akan meningkatkan semangat saya untuk terus belajar. Jika diberi kesempatan, saya akan menciptakan nilai yang balk bagi perusahaan Anda melalui pengetahuan saya, kerja keras, dan ketekunan. Saya akan mencoba untuk memberikan yang terbaik.

5. Why Did You Leave Your Previous Job? (Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda sebelumnya?)

Seorang interviewer ingin mengetahui mengapa Anda meninggalkan pekerjaan terakhir dan memilih bergabung bersama mereka. Dalam hal ini, jelaskan bahwa Anda terlalu hebat untuk terus berada di perusahaan sebelumnya dan kemudian menganggap bahwa perusahaan yang baru mempunyai prospek yang sangat cerah. Yakinkan interviewer bahwa perusahaan merekalah yang terbaik.

Contoh Jawaban :

I dream big and your company is the solution for me. When I was a leader in educational institute Of private teacher, I think that place was not my own. I have to be bigger and smarter. So, I left my position as a leader and decided to join your company. Here, I can reach the higher personal branding, the wider market, and the great experiences of my work.

Saya memiliki mimpi besar, dan perusahaan Anda adalah solusi bagi saya. Ketika saya menjadi seorang pemimpin di lembaga pendidikan guru swasta, saya berpikir bahwa tempat itu kurang cocok dengan diri saya. Saya harus Iebih besar dan Iebih pintar. Jadi, saya meninggalkan posisi saya sebagai pemimpin dan memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan Anda. Di sini, saya bisa mencapai branding yang Iebih tinggi, pasar yang Iebih luas, dan pengalaman besar dalam pekerjaan.

(bersambung…)

Editor : Syl

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button