Uncategorized

Indonesia Peringkat Ketiga Destinasi Wisata Ramah Muslim

JAKARTA,BritaBrita.com–Sebagai negara dengan mayoritas Muslim terbanyak di dunia, Indonesia dikenal sebagai salah satu destinasi halal bagi banyak wisatawan mancanegara.

Menurut Global Muslim Travel Index (GMTI) 2017 atau Studi Indeks Wisata Muslim Global (GMTI) 2017 yang dilakukan CrescentRating bersama MasterCard, Indonesia kini menempati posisi ketiga sebagai tujuan wisata ramah Muslim.

ramah-muslim_edit

Indeks tersebut mencakup 130 destinasi wisata yang dinilai berdasarkan empat kriteria, yakni akses, komunikasi, lingkungan, dan layanan.

Selanjutnya, dibagi menjadi 11 sub bagian, mulai dari kedatangan Muslim, konektivitas udara, batasan visa, kesesuaian sebagai tujuan liburan keluarga, kemudahan komunikasi, dan lainnya.

Dari penilaian-penilaian tersebut, Indonesia telah sukses meningkatkan posisinya selama dua tahun berturut-turut.

“Kita naik peringkat dari tahun lalu, dari posisi empat, tahun ini kita posisi tiga. Kita harus terus menjadi terbaik dengan kerja keras,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya yang hadir dalam peluncuran MasterCard – CrescentRating GMTI 2017 di Jakarta, Rabu (3/5/2017).

Indonesia berada di posisi tiga besar, di mana Malaysia masih memimpin peringkat sebagai destinasi ramah Muslim, dan Uni Emirat Arab menempati posisi dua. Dengan posisi ini, Indonesia mampu menggeser posisi Turki yang tahun 2016 berada di posisi ketiga.

Penelitian ini turut menunjukkan, pasar wisata Muslim akan terus tumbuh pesat, dan nilai dari sektor tersebut diperkirakan akan tumbuh hingga mencapai USD220 miliar pada 2020.

Studi ini juga mengungkapkan, bahwa pada 2016 lalu, diperkirakan jumlah total kedatangan wisatawan Muslim secara global mencapai 121 juta, naik dari 117 juta pada tahun 2015. Angka itu mewakili 10 persen dari keseluruhan sektor perjalanan.

“Untuk menjadi yang terbaik dan masuk dalam destinasi global, kita harus menggunakan standar dunia. Salah satu benchmark yang bisa kita gunakan bisa dari GMTI ini,” tutup Arief seperti dinukil dalam laman suara.com.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button