OTOMOTIFPOLITIK

Inilah Infrastruktur Publik yang Terkoneksi Dengan Kota Meikarta Saingan Jakarta

JAKARTA,BritaBrita.com–Lippo Group akan segera mulai membangun kota mandiri baru berskala internasional bernama Meikarta. Peresmian proyek pembangunan kota mandiri Meikarta ini akan dilakukan pada Sabtu (13/5/2017), di Jakarta.

“Saat ini juga pemerintah pusat sudah mulai bergerak cepat membangun beberapa infrastruktur penting di kawasan Meikarta,” kata Chief Executive Officer (CEO) Lippo Group, James Riady.

CEO Lippo Group, James Riady
CEO Lippo Group, James Riady

James menegaskan bahwa Lippo Group menjadikan koridor Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung sebagai ‘Shenzhennya RI’ dan pusat ekonomi terpenting di seluruh tanah air.  Untuk itu, segala upaya untuk mencukupi segala kebutuhan infrastruktur dasar yang menunjang pembangunan Meikarta juga tengah dilakukan.

Termasuk mengintegrasikan dengan infrastruktur publik yang juga tengah dibangun oleh pemerintah. Beberapa infrastruktur publik yang strategis yang tengah dibangun oleh pemerintah di kawasan Meikarta antara lain:

1). Kereta api cepat Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung dengan investasi Rp65 trilliun.

2) Pembangunan Patimban Deep Seaport bernilai Rp40 trilliun.

3) Pembangunan lapangan terbang baru ‘Kertajati International Airport’ bernilai Rp23 trilliun.

4) Pembangunan APM Monorail menyatukan tujuh kota baru di sekitar Meikarta.

5) Pembangunan Tol Jakarta-Cikampek Elevated Highway bernilai Rp16 trilliun.

“Tentu infrastruktur yang menghubungkan infrastruktur yang tengah dilakukan oleh pemerintah menuju kawasan Meikarta juga kami bangun sendiri,” ujar James.

Dalam tahap pertama, Meikarta sudah memulai pembangunan 250,000 perumahan yang akan langsung menampung lebih dari satu juta komunitas perkotaan.  Pembangunan Meikarta seluas 22,000,000 m2 tahap pertama sudah di rancang sejak 2014. Pekerjaan fisik sudah dimulai sejak Januari 2016 dengan dibangunnya sekaligus sampai seratus gedung cakar langit masing masing 35 sampai 46 lantai. Total pekerja yang akan mencapai 65,000 orang merupakan penciptaan lapangan kerja tersendiri.

Kondisi di lapangan menunjukan dinamika pembangunan seperti pembangunan Shenzhen pada tahap awalnya.  50 gedung sudah akan mulai siap dihuni pada bulan Desember 2018.

“Untuk tahap pertama, kami targetkan tuntas dalam tiga tahun,” tutup James seperti dinukil dalam laman suara.com.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button