Uncategorized

Fenomena Jakarta Bersalju…Ternyata

JAKARTA,BritaBrita.com-Benda lembut berwarna putih yang tercecer dan menumpuk di ruas Jalan Sudirman, DKI Jakarta, Sabtu (6/5/2017) sore, dipastikan bukan salju.

Fenomena 'salju' di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (6/5/2017).
Fenomena ‘salju’ di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (6/5/2017).

 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan benda putih itu adalah busa yang tercampur dengan air hujan.

”Busa tersebut diduga adalah sisa penyemprotan saat pipa gas bocor milik PGN di jalur lambat depan SCBD Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (16/7) malam,” kata Sutopo.

Ia mengatakan, bahan yang disemprotkan tersebut adalah tifol yang berbentuk busa. Kebocoran gas milik PGN sendiri terjadi pada Rabu malam pukul 11.30 WIB.

Tifol tersebut akhirnya bercampur air hujan yang mengguyur ibu kota Sabtu sore tadi, sehingga menjadi busa berwarna putih dan tampak seperti salju.

“Apalagi banyak kendaraan lalu lalang sepanjang jalan sehingga busa menjadi lebih banyak dan memanjang. Jika ada hujan es, maka yang ada tidak hanya di jalan itu, tetapi di tempat lain. Jadi ini bukan hujan salju. Apalagi dikaitkan dengan perubahan iklim,” tandasnya seperti dinukil dalam laman suara.com.

Sebelum diberitakan, DKI Jakarta dibuat heboh oleh kemunculan benda lembut berwarna putih, yang menumpuk di pinggir Jalan Sudirman.

Banyak warga yang menilai benda itu adalah salju. Pasalnya, benda tersebut baru muncul setelah ibu kota diguyur hujan lebat.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button