Uncategorized

Galau Antara Lanjutkan Bisnis atau Jadi Orang Kantoran? Ini Tipsnya

JAKARTA,BritaBrita.com – Pertanyaan dari Pembaca: Saya adalah seorang karyawan swasta di suatu perusahaan yang bergerak di bidang media. Gaji bersih saya dari kantor adalah Rp 3 juta. Saya sudah bekerja hampir satu tahun.

bingungSementara itu, saya mempunyai usaha kecil yakni bisnis pembuatan pin. Usaha ini saya mulai sejak masih kuliah, kira-kira sudah hampir 3 tahunan. Pendapatan yang masuk pun lumayan, bisa dapat Rp 1 – 1,5 juta dalam sebulan.

Hanya saja saya ingin mengembangkan usaha saya ini ke tingkat yang lebih besar. Nantinya saya berencana memperebar usaha dengan membuat mug, jam dinding atau stationery lainnya.

Pertanyaan saya:

1. Apakah langkah ini tepat? Mengingat saya sudah bekerja dan punya gaji tetap?

2. Selama ini saya tidak kesulitan mengerjakan pin sembari bekerja karena dapat dikerjakan malam hari. Kalau saya perluas dengan mug atau jam dinding, apakah waktu saya akan tersita?

3. Sebagian teman menyarankan saya untuk berhenti bekerja dan lebih serius menggeluti bisnis aksesori ini karena banyak peminatnya. Apakah betul seperti itu?

Terima Kasih

Muhamad Reza Sulaiman

bisnis-atau-kerjaJawaban:
Dear Pak Reza,

Banyak karyawan seperti Anda yang ingin sekali memiliki usaha sendiri dan mengundurkan diri untuk mengembangkan usahanya tersebut. Namun sedikit yang mempunyai keberanian untuk mewujudkannya, karena berbagai kendala.

Anda sudah memulainya dengan tahapan yang baik. Sudah mulai mempunyai usaha sambilan yang telah menghasilkan tambahan pendapatan secara rutin. Dan sudah mempersiapkan diri dengan tepat dengan rencana pengembangan usahanya sehingga suatu saat Anda dapat menjadi pengusaha secara mandiri dan penuh waktu serta dapat meninggalkan pekerjaan sebagai karyawan.

Berikut saran saya dari pertanyaan-pertanyaan Anda seperti dinukil dalam laman detikfinance :

1. Langkah yang Anda sudah lakukan sudah tepat, walaupun Anda sudah bekerja sebagai karyawan dan mempunyai gaji tetap, Anda mempunyai impian untuk menjadi seorang pengusaha, yang Anda bangun dari nol dan sambil bekerja. Saya melihat hasrat yang besar dari diri Anda untuk mewujudkan impian tersebut.

Teruslah bekerja keras mencapai apa yang Anda inginkan. Orang yang sukses besar semuanya dipicu oleh hasrat yang tinggi terhadap apa yang dikerjakannya. Semua pekerjaan yang dilakukan dengan sepenuh hati, datang dari hasrat dan mencintai apa yang dia kerjakan. Sehingga usaha yang Anda lakukan sambil menjadi karyawan, membuahkan hasil dan menambah pendapatan Anda.

Selama Anda masih menjadi karyawan, Anda bisa mengumpulkan modal uang dari sebagian gaji Anda untuk mengembangkan usaha dan Anda bisa belajar banyak di perusahaan Anda bekerja, yaitu belajar proses produksi, marketing, mengelola keuangan, mengelola waktu dan banyak hal lainnya. Dan belajar juga kepemimpinan dari atasan Anda saat ini. Jika Anda sudah menjadi pengusaha mandiri, Anda akan menjadi pemimpin usaha Anda.

2. Menjadi pengusaha mandiri, Anda sudah harus menguasai dan menjadi master dalam memproduksi dan memasarkan produk Anda sendiri. Jika saat ini sudah menguasai dalam produk pin, maka Anda harus terus belajar dan berinovasi serta juga harus bisa menciptakan produk lainnya seperti mug dan jam dinding tersebut.

Masalah waktu memang menjadi kendala bagi seorang pengusaha sambilan. Namun tentu Anda harus belajar untuk mengatur waktu dengan baik tanpa harus mengambil waktu jam kerja Anda sebagai karyawan. Tulislah jadwal waktu Anda untuk bekerja di usaha Anda. Manfaatkan waktu luang di malam hari dan akhir pekan.

Pekerjaan rutin harus bisa mulai didelegasikan kepada orang lain yang Anda percayakan. Misalnya dalam pembuatan pin, yang sudah mempunyai hasil, jika memang pesanan sudah banyak, Anda harus bisa mengambil tenaga kerja atau orang terdekat yang dapat membantu Anda, sehingga Anda mempunyai tim kerja dan pelanggan puas.

Berilah training kepada tim kerja Anda, buat sistem kerja untuk mereka sehingga mereka akan menjalankan usaha Anda. Dengan adanya tim kerja ini, Anda akan belajar banyak menjadi seorang pemimpin dan mempunyai tanggungjawab baru sebagai tantangan. Dan akan membuah semangat baru untuk memproduksi dan memasarkan produk lebih banyak dan Anda dapat berinovasi dan membuat produk baru lainnya.

3. Saran teman Anda agar Anda berhenti kerja dan lebih serius menggeluti usaha Anda ini adalah benar. Usaha yang Anda pilih dan jalankan sudah baik dan mempunyai pangsa pasar yang luas. Jika Anda ingin berhenti kerja dan serius menjalankan usaha Anda, Anda harus berkomitmen dan fokus menjalankannya dan sehingga keputusan Anda untuk berhenti kerja akan menjadi keputusan yang berkualitas untuk diri Anda dan keluarga.

Anda harus mempersiapkan semuanya agar tepat waktunya Anda sudah siap berhenti kerja dan menjadi pengusaha mandiri. Tetapkan visi dan misi serta target usaha Anda. Bangunlah tim kerja dan sistem kerja dari sekarang sehingga mereka akan bersama-sama Anda menjalan usaha Anda dan menghasilkan keuntungan melebihi dari gaji Anda saat ini. Disiplin dalam mengatur keuangan sangat diperlukan agar tidak menyesal dikemudian hari.

Kembangkan usaha Anda, dengan memberikan nilai tambah dan keunikan pada produk Anda sehingga pelanggan Anda akan selalu memberi order. Tentukan target market Anda, perluaslah ke pelanggan korporasi. Tingkatkan kualitas produk dan perluas jenis produk Anda. Kampanyekan brand usaha Anda di media/sosial media.

Bergabung dengan komunitas bisnis, dan carilah mentor untuk membimbing Anda dalam berusaha. Datangi seminar/training dan baca buku-buku pengembangan usaha.

Jika semua sudah dijalankan, saya yakin usaha Anda akan berkembang besar. Demikian saran dari saya, semoga bermanfaat dan sukses selalu.Artikel ini dijawab oleh Tim UKMSukses.

Editor : Syl

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button