OTOMOTIF

Menakjubkan! Siswa MTSN Langsa Aceh Buat Sumber Listrik dari Pohon Kedondong

JAKARTA,BritaBrita.com – Naufal Rizki, pelajar kelas 2 MTSN Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh mampu menemukan energi. Uniknya Naufal menemukan energi listrik dari pohon kedongdong.

Anak pertama dari dua bersaudara pasangan Supriaman dan Deski ini sebelumnya hanya coba-coba. Berawal dari pelajaran di sekolah, Naufal akhirnya berhasil menciptakan tenaga listrik dari batang pohon.

“Awalnya saat saya mempelajari ilmu pengetahuan alam, saya membaca bahwa buah yang mengandung asam katanya bisa menghantarkan listrik, akhirnya saya lakukan uji coba pada buah kentang. Setelah itu saya berpikir lagi, kalau buahnya mengandung asam berarti pohonnya juga mengandung asam, akhirnya saya mulai melakukan eksperimen,” ujarnya baru-baru ini.
Naufal Rizki listrik pohon kedondong 1
Dia menjelaskan, pertama kali eksperimen itu dilakukan pada pohon mangga dan ternyata tidak layak. Akhirnya saya menemukan kedondong pagar yang kadar asam atau getahnya mampu menghantarkan listrik.

Meski demikian, Naufal mengaku bahwa bekal yang dimiliki tidak hanya dari sekolah. Namun juga adanya  dukungan sang Ayah yang sangat membantu dalam percobaannya tersebut.

“Kebetulan ayah Naufal bekerja di elektronik. Jadi sedikit banyak saya tahu alat-alat elektronik,” paparnya seperti dinukil dalam laman sindonews.com.

Hasil temuan energi dari pohon kayu ini memang sederhana, dengan rangkaian yang terdiri dari pipa tembaga, batangan besi, kapasitor dan dioda, arus listrik yang dihasilkan sangat tergantung kepada kadar keasaman pohon.
Naufal Rizki listrik pohon kedondong 2
Sebelumnya, Naufal sudah melakukan lebih dari 60 kali percobaan dan menelan biaya sekitar Rp14 juta. Dengan temuannya ini, satu rumah dapat dialiri listrik melalui sepuluh pohon kedondong pagar.

Ditanya cita-cita dan keinginannya ke depan. Dengan sigap Naufal langsung menjawab ingin menjadi ilmuwan. “Saya ingin jadi ilmuwan dan kedepannya ingin mengembangkan eksperimen untuk menghidupkan alat elektronik,” tukasnya.

Naufal sendiri diundang dalam acara Pertamina Science Fun Fair 2016 untuk berbagi inspirasi kepada para peserta lomba untuk dapat menghasilkan sebuah karya yang inovatif dan inspiratif. Melalui ajang ini juga diharapkan, akan lahir Naufal lainnya yang mampu mengharumkan nama bangsa.

Bertemu Menteri ESDM 

Nama Naufal Raziq mendadak terkenal karena menemukan energi listrik dari pohon kedondong. Temuan Naufal yang masuk ke dalam energi baru dan terbarukan itu bahkan sampai ke telinga Menteri ESDM Ignasius Jonan.
Remaja yang masih duduk di Kelas 3 MTSN 1 Langsa, Aceh, itu kemudian diundang oleh Jonan ke Kantor Kementerian ESDM. Naufal bahkan sempat berfoto bersama dengan mantan Menteri Perhubungan itu.
Foto tersebut kemudian diunggah Jonan dalam laman Facebook miliknya. Jonan mengaku sempat menitipkan pesan kepada Naufal terkait penemuannya tersebut.
“Pesan saya agar fokus sebagai penemu (inventor), berupaya agar penemuannya bermanfaat untuk orang banyak, dan mengembangkan penemuan supaya bisa diproduksi skala besar,” kata Jonan dalam laman Facebook .
 

Ignasius Jonan bersama Naufal (NOT COVER)

Ignasius Jonan bersama Naufal (Foto: Dok. Hadi M Juraid)

 
Tidak hanya memberikan pesan, Jonan juga menjanjikan kementeriannya akan memberikan dana kepada Naufal untuk melakukan riset lebih lanjut terkait energi listrik dari pohon kedondong.
“K-ESDM akan mengalokasikan anggaran untuk riset Nauval,” ujar dia seperti dinukil dalam laman kumparan.com.
Potensi listrik ditemukan Naufal dari pohon kedondong (Spondias Dulcis Forst) di depan rumahnya. Penemuan tersebut berawal dari pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ketika Naufal duduk di kelas 1 MTs atau 2 tahun lalu.
Ia menjelaskan satu lubang pada pohon kedondong pagar bisa menghasilkan tegangan listrik 1 volt. Satu pohon kedondong dapat dibuat menjadi empat lubang yang bisa menghasilkan energi 4 volt.
Untuk menyalakan satu lampu, setidaknya dibutuhkan empat pohon kedondong pagar yang sudah dipasang tembaga dan logam.
Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) akan memberi bantuan dana untuk mengembangkan penemuan Naufal menjadi energi listrik skala besar.Universitas Malikussaleh Lhokseumawe Aceh pun sampai ditunjuk melakukan pendampingan terhadap inovasi yang ditemukan Naufal.

 Editor : Syl

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button