Uncategorized

10 Fakta Jelang Duel Sengit Juventus Vs Real Madrid

MADRID,BritaBrita.com – Juventus dan Real Madrid akan saling berhadapan pada final Liga Champions di Millennium Stadium, Cardiff, Sabtu (3/6/2017). Kedua klub sama-sama berambisi meraih titel juara, sekaligus mengukir rekor.

I Bianconeri berhasil lolos ke partai puncak setelah menghentikan perlawanan AS Monaco dengan agregat 4-1. Sementara itu, El Real melenggang ke final setelah menyingkirkan Atletico Madrid dengan keunggulan agregat 4-2.

madrid-vs-juve01

Laga ini adalah pertemuan ke-19 kedua klub di Piala/Liga Champions. Dari 18 pertemuan sebelumnya, Juventus dan Real Madrid sama-sama meraih delapan kemenangan dan dua laga sisa berakhir imbang.

Andai meraih trofi juara Liga Champions pada musim ini, La Vecchia Signora bakal mengukir prestasi gemilang, yakni tiga kali merengkuh gelar dengan mengalahkan sang juara bertahan. Sebelumnya, mereka menorehkan hal tersebut pada 1985 (Liverpool) dan 1996 (Ajax Amsterdam).

Juventus juga akan menjadi klub Italia kedua yang mampu mengukir treble winner, setelah terakhir kali dilakukan oleh Inter Milan pada musim 2009-2010.

Real Madrid juga diambang rekor. Jika sukses membungkam Juventus, Los Blancos berpeluang menjadi klub pertama yang mempertahankan gelar juara pada era Liga Champions.

Berikut ini adalah 10 fakta menarik jelang laga Juventus Vs Real Madrid pada final Liga Champions:
1. Ini akan menjadi pertemuan ke-19 antara Juventus kontra Real Madrid, dan semuanya terjadi di ajang Piala/Liga Champions. Duel ini merupakan yang kedua terbanyak sepanjang sejarah Piala/Liga Champions, setelah Bayern Munchen melawan Real Madrid dengan 24 pertemuan.

2. Rekor head to head antara Juventus melawan Real Madrid sangat seimbang, dengan masing-masing meraih delapan kemenangan dan dua laga berakhir imbang. Namun, Real Madrid berhasil menang 1-0 atas Juventus pada final Liga Champions 1998.

3. Real Madrid telah lolos ke final Piala/Liga Champions untuk ke-15 kalinya, empat pertandingan lebih banyak dibandingkan klub lainnya (AC Milan dengan 11 kali). Dari 14 pertandingan sebelumnya, Madrid meraih 11 kemenangan atau tingkat keberhasilan yang mencapai 79 persen.

4. Ini adalah final Piala/Liga Champions ketiga Real Madrid dalam empat musim terakhir. Hal tersebut merupakan sebuah prestasi, setelah terakhir kali lolos ke final lima kali secara beruntun dari 1956 sampai 1960.

5. Cristiano Ronaldo selalu menembus 10 gol dalam enam musim terakhir di Liga Champions. Tidak ada pemain lain yang mampu melakukannya lebih dari dua musim beruntun, selain Lionel Messi dan Ruud van Nistelrooy.

6. Dani Alves telah mencetak lebih banyak gol (10) dan assist terbanyak (25) dibandingkan bek sayap lainnya di Liga Champions, sejak menjalani debut pada musim 2007-2008.

7. Real Madrid hanya mencatatkan satu clean sheet dari 12 pertandingan di Liga Champions musim ini.

8. 14 dari 15 gol terakhir Real Madrid di Liga Champions tercipta pada menit ke-42 dan seterusnya.

9. Jika bermain, Gianluigi Buffon akan menjadi pemain tertua kedua yang tampil pada final Piala/Liga Champions (39 tahun dan 4 bulan). Pemain tertua yang tampil pada final Piala/Liga Champions adalah Edwin van der Sar (40 tahun dan 6 bulan), bersama Manchester United pada 2011.

10. Juventus adalah satu-satunya klub yang tak terkalahkan di Liga Champions musim ini (9 menang; 3 imbang). (sumber bola.com dari fourfourtwo)

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button