Uncategorized

Pendaki Cilik Khansa Syahlaa Berhasil Taklukan Puncak Cartenzs

JAKARTA,BritaBrita.com – Khansa Syahlaa, 10 tahun, berhasil menaklukkan tujuh puncak gunung tertinggi di Indonesia.

Pada 11 Juli 2017, Khansa mampu mencapai Puncak Cartenzs Pyramid Pegunungan Sudirman di Papua. Mimpinya untuk menaklukan puncak tertinggi di Pupua akhirnya tercapai.

“Ini mimpi aku sejak dulu. Ini puncak tertinggi di Indonesia, indah sekali. Kalau melihat ke bawah seperti apa, seram, senang, terharu dan menangis,” ucap Khansa. Sejak tahun lalu, ia berangan-angan bisa mencapai Puncak Cartenzs.

Khansa memulai perjalanannya menuju Puncak Cartenzs pada 11 Juli 2017 dan berhasil mencapai puncak pada 15 Juli lalu. Ia bercerita harus memakai baju hingga lima lapis untuk melawan dinginnya cuaca. “Ada kaus, jaket dan raincoat,” ceritanya.

Udara dingin Cartenzs yang menusuk tubuh Khansa takut terkena hiportemia. Untuk  menghindari hiportemia, khansa tidak bisa istirahat lama-lama. Kalau mau berhenti hanya boleh 10 detik dan langsung jalan lagi.

“Apalagi saat turun dari puncak pada malam hari dan hujan. Tangan sudah beku dan seperti kaku tidak bisa digerakkan,” ucapnya. Menurutnya dari puncak gunung yang pernah didaki, Cartenzs merupakan yang paling berat medannya.

Khansa mendapat gemblengan fisik  dari ayahnya yang juga seorang pendaki, mengatur latihan fisik sebelum mendaki.  Pramudi Ayu Wardhani, ibunya bercerita, setiap hari Khansa latihan fisik. “Sehari  bisa dua sampai lima kali naik turun tangga. Kalau sedang hujan, latihan di rumah saja.”

Pengalaman  Khansa  mendaki gunung berawal saat diajak kedua orang tuanya  pergi ke Gunung Bromo, Jawa Timur. Awalny dia tidak suka karena udara yang dingin. “Tapi lama-lama seru juga, pengen coba lagi deh,” ucap Khansa.

Saat berusia tujuh tahun, ayahnya, Aulia Ibnuuntuk mendaki Gunung Rinjani, Lombok. “Saya sudah dua kali mendaki Gunung Rinjani. Waktu pendakian pertama tidak sampai puncak.”

Pada 26 April 2015, bocah kelas enam SD bersama ayahnya berhasil mencapai puncak Mahameru Gunung Semeru. Khansa mengaku dari ketujuh puncak tertinggi di Indonesia,  Gunung Semeru adalah salah satu favoritnya. “Semeru indah dan sejak. Waktu itu belum banyak sampah,” kenangnya.

Gunung Binaiya di Kepulauan Maluku juga  menjadi kawasan yang ia sukai. “Kalau Binaiya, hutannya itu kayak Alice in Wonderland dan Snow White, bagus banget.”

Di usianya yang kini 11 tahun,  Khansa telah  menaklukkan sekitar 16 gunung, tujuhdiantaranya adalah gunung tertinggi di Indonesia yakni Puncak Cartenz Pyramid Pegunungan Sudirman, Gunung Rinjani, Gunung Bukit Raya,  Gunung Binaiya, Gunung Kerinci, Gunung Latimojong, dan Gunung Semeru.

“Mendaki gunung itu melatih kesabaran dan kemandirian. Saya jadi tahu survival, dari tidak tahu apa-apa soal alam menjadi tahu,” ucap Khansa seperti dinukil dalam laman tempo.co.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button