Uncategorized

KPU Sumsel – Konsorsium Organisasi Masyarakat Sipil Gelar Workshop Pemilu Akses

BritaBrita.com, PALEMBANG – Agenda-KPU Sumsel Gelar Workshop Pemilu Akses—-Bekerjasama dengan General Election Network For Disabilitas Acces (Agenda),KPU Provinsi Sumsel menggelar workshoop Formulir Alat Bantu Periksa di hotel Arista Palembang,Kamis (28/7).

Workshoop dibuka komisioner div SDM dan Parmas KPU Prov Sumsel Ahmad Naafi mewakili ketua dihadiri perwakilan komisioner divisi data dan teknis KPU Kabupaten/ kota se Sumsel,mantan PPK,PPS,KPPS,PPDP dan Komisioner KPU Prov Sumsel.Rombongan Agenda yang hadir yaitu ibu Erni, Pak Jona,Bu Orin, Pak Yudi dan Pak Hanif dan staf lainya dari JPPR dan IFes.

Dalam sambutanya ahmad naafi mengatakan pemilu yang aksesebel adalah pemilu yang memungkinkan setiap warga negara untuk memenuhi hak pilihnya secara bebas sehingga bisa memenuhi hak pilihnya tanpa hambatan.

Lebih lanjut dikatakan yang diperlukan untuk untuk menciptakan pemilu yang aksesebel adalah hukum dan peraturan pemilu,anggaran,logistik dan kemampuan petugas pemilu untuk melayani kaum disabel.”Kita Harus peduli dalam melayani kaum disabilitas melihat apa yang mereka sandang dan butuhkan mulai dari lingkjngan kita apakah mereka sudah terdata dan mereka mempunyai hak untuk memilih dan kita fasilitasi,”kata naafi.

Sebelumnya Erni dari agenda mengatakan Agenda adalah konsorsium organisasi masyarakat sipil dan organisasi penyandang disabilitas yang mengadvokasi hak penyandang disabilitas dalam pemilu di asia tenggara.

Beberapa materi yang disampaikan tim agenda dalam workshoop ini diantaranya Potret pelaksanaan pemilu,hak politik pemilu akses dan penjelasan form alat bantu serta fgd berbagi pengalaman dalam pemilu akses.workshoop ini juga akan berlanjut esok hari terhadap rekan media cetak dan elektronik se sumsel.(rel/ naf)

Editor : Dadang Mj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button