Uncategorized

Liga Primer Inggris Kian Dibanjiri Pemain Asing

BritaBrita.com,LONDON — Liga Primer Inggris sudah berusia 25 tahun sejak pertama kali dimulai Agustus 1992 silam. Dalam perjalanannya selama seperempat abad, banyak hal telah terjadi pada ajang yang dalam sedekade terakhir dikenal sebagai liga paling kompetitif di dunia ini.

BBC Sport melansir sejumlah informasi menarik dalam 25 tahun bergulirnya Liga Primer Inggris. Salah satunya adalah soal menjamurnya pemain asing. Pemain-pemain dari Amerika Selatan perlahan mendominasi daftar pesepak bola asing di Liga Primer Inggris, menganggu dominasi negara-negara Eropa lainnya. Dikutip Selasa (8/8), berikut catatannya :

Pada pekan pertama di musim 1992/1993, ada 242 pemain yang mencicipi setidaknya satu menit pertandingan di Liga Primer Inggris. Cuma 13 pemain non-Britania Raya dan Republik Irlandia yang melakoni pekan pertama musim 1992/1993. Pada musim tersebut, Liga Primer Inggris beranggotakan 22 klub, bukan 20 seperti sekarang.

Namun, catatan pekan terakhir di musim 2016/2017 menunjukkan, geliat pemain asing di Liga Primer Inggris semakin menjadi-jadi. Total 112 pemain asing merumput sebagai starter di pekan ke-38 Liga Primer Inggris musim lalu. Sedangkan pemain asli Britania Raya dan Irlandia cuma 108.

Total, selama seperempat abad ada 3.835 pemain yang setidaknya pernah merasakan satu pertandingan Liga Primer Inggris. Ribuan pemain itu berasal dari 113 negara. Termasuk dari negara-negara yang tak lekat dengan budaya sepak bola seperti Seychelles, Pakistan, dan Guinea-Bissau.

Pada musim perdananya, pemain asing di Liga Primer Inggris banyak disumbang oleh negara-negara Skandinavia. Dari 17 pemain, delapan asal Norwegia, empat dari Denmark, tiga dari Swedia, lalu sisanya dari Prancis dan Spanyol. Uniknya, meski pemain-pemain Amerika Selatan dikenal sebagai maestro dalam dunia sepak bola, klub di Inggris tak tertarik mendatangkan satu pun dari mereka di musim perdana liga.

Tampaknya ini masih terkait dengan gaya sepak bola kick and rush yang masih lekat dengan klub-klub Inggris. Klub-klub Inggris juga mayoritas masih menggunakan pelatih lokal.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button