Uncategorized

Integritas Timsel Bawaslu Provinsi Sumsel Di Ragukan…?

PALEMBANG-BritaBrita.Com,- Timsel  calon Anggota Bawaslu Sumsel periode 2017 -2022 dipertanyakan independensinya terkait dengan pengumuman hasil tes tertulis, tes kesehatan dan psikologi yang diumumkan Rabu (15/8).

Disinyalir ada sejumlah nama peserta dinyatakan lulus ternyata hasil nilai CAT yang digelar di kampus FK Unsri, jauh dibawah peserta lain yang tidak lulus.

Sejumlah peserta menginginkan Timsel bersikap jujur, terbuka dan transparan dalam penilaian nilai secara keseluruhan. Sebab dikalangan peserta sudah beredar daftar rangking nilai hasil ujian CAT.

‘’Jelas dari hasil CAT itu saja kita bisa membandingkan nama-nama yang lulus  dengan peserta lain. Masak iya ada peserta yang lulus justru nilainya jauh dibawah nilai yang  tidak lulus,’’ ujar Kawar Dante S, salah satu peserta tes Bawaslu.

Dia menduga bahwa proses seleksi tidak jujur dan terindikasi mencederai proses pemilu yang jujur dan adil. Jelas sulit akan menghasilkan  Pemilu yang berkualitas jika proses seleksi penyelenggaran Pemilu sudah tidak jujur dari awal. ‘’Kita kecewa dengan proses ini dan akan mempertanyakan hal ini kepada Bawaslu dan DKPP,’’ tegasnya.

Selain itu, peserta juga mengeluhkan website Bawaslu Sumsel yang sejak pengumuman hasil tes CAT sering mengalami eror sulit untuk dibuka. ‘’Apakah ini ada semacam permainan,’’ ujarnya.

Juga terdengar informasi, Timsel sudah melakukan rapat pleno menentukan kelulusan pada saat sebagian peserta karena peserta dibagi dalam dua gelombang, belum mengikuti tes kesehatan dan psikologi.

Sejumlah peserta akan mempertanyakan hasil proses seleksi dan mengambil langkah dan upaya banding hingga mendapat penjelasan yang memuaskan dari peserta.

Bahkan ada yang sudah memprediksi Hasil Akhir  nama-nama yang nantinya terpilih sebagai Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan.

1. Amrullah;
2. Andhika Pranata Jaya;
3. Jon Heri;
4. Kurniawan;
5. Nurbaitiruhyanah.S

Sedangkan 14 nama yang lainnya, hanya sebagai peramai pesta.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button