Uncategorized

Sudah Saatnya Wasit di Indonesia pakai teknologi VAR

BritaBrita.com,JAKARTA — Pengamat sepak bola  nasional, Yusuf Kurniawan menilai kinerja perwasitan Tanah Air pelu dibenahi. Ia berpendapat, sudah saatnya kompetisi liga dalam negeri menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR). “Kita harus melangkah maju ke depan. Dengan membuka wacana untuk VAR, penting juga untuk menganulir keputusan-keputusan wasit yang ngawur,” kata Yusuf.

model-menunjukan-kaos-wasit-dan-bola-yang-akan-digunakan-_170410174210-623

Ia mengatakan, wacana tersebut sejak beberapa tahun lalu sudah terdengar. Namun, hingga saat ini belum terealisasi. “Dari dulu dari zaman PT Liga wacana mau menerapkan teknologi, tapi sampai sekarang mana? Sementara wasit kita kualitasnya downgrade banget, kalau nggak dibantu dengan elemen lain dan orangnya ini-ini terus,” tutur Yusuf seperti dinukil dalam laman Republika.co.id.

Ia menegaskan, level sebuah kompetisi terlihat dari kepemimpinan pengadil. Dalam visi mengembangkan sepak bola yang bersih dan bermartabat, PSSI menurutnya perlu mempertimbangkan hal ini.

Selama ini, wasit yang terbukti bersalah hanya disanksi tidak boleh memimpin empat hingga lima laga. Menurutnya hal itu tidak memberikan efek jera hingga menghasilkan mental yang lebih baik.

Ia juga mendorong agar di partai-partai besar yang berpotensi mengundang animo penonton berlebih, perlu memakai jasa wasit asing. Pasalnya, menurut dia orang luar bebas dari kepentingan dan kelompok apa pun dalam sepak bola Tanah Air.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button