Uncategorized

Pemerintah Bakal Perbanyak Bangun Jalan Aspal Campur Plastik. Ini Alasannya

BritaBrita.com,Bekasi – Pemerintah telah menggelar uji coba aspal campur limbah plastik di Bekasi. Sebelumn, uji serupa pernah dilakukan di jalan dalam lingkungan Universitas Udayana, Bali.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjamin aspal campur plastik itu memiliki daya tahan lebih kuat dibanding aspal konvensional. Tingkat ketahanan dan stabilitas jalan naik hingga 40%

Bahkan, aspal campur plastik diklaim mampu menahan gempuran air yang membuat jalan muda rusak. Daya tahan ini sudah diuji Laboratoium Badan Penilitian dan Pengembangan (Balitbang) PUPR.

“Ketahanan terhadap air, stabilitas keawetannya lebih tinggi. Hanya memang karena tambah harga plastik, jadi lebih mahal sekitar 2% dari aspal biasa tapi kualitasnya lebih tinggi,” ujar Kepala Balitbang Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga saat ditemui usai acara uji coba penerapan aspal plastik di Bekasi,baru-baru ini.

Biaya yang lebih mahal karena ada tambahan limbah plastik sebanyak 3 ton per kilometer (km) jalan, tapi aspal bakal lebih tahan retak jika dibandingkan dengan campuran aspal standar.

“Sebetulnya kalau penambahan plastik ini tidak terlalu mahal. Tapi kalau membandingkannya dengan benefit yang didapatkan, benefitnya lebih besar. Artinya yang paling penting, dengan dikasih plastik 3 ton tadi, stabilitasnya naik 40%,” terang Danis seperti dinukil dalam laman detik.com.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button