PALEMBANG

Jembatan Ampera Ditutup Sementara Karena Proyek LRT

BritaBrita.com,Palembang – Lalu lintas Sungai Musi di bawah Jembatan Ampera, Palembang akan ditutup mulai besok. Ini terkait pemasangan steel box girder LRT. Kapal kecil masih bisa lewat.

Penutupan akan dilakukan pada Selasa (26/9) dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB dan dipastikan tidak dapat dilalui kapal besar. Penutupan ini untuk mempermudah pengerjaan pemasangan steel box girder yang menghubungkan jalur LRT dari Pasar 16 Ilir ke 7 Ulu.

“Iya besok ada penutupan jalur lintas perairan di bawah Jembatan Ampera yang di tengah (jalur utama), karena akan ada pemasangan girder. Dimana ada empat girder yang akan dipasang dan malam ini dipasang dua girder dan sisanya besok siang,” ujar Wahidin Sekretaris PMU Percepatan Penyelenggaraan LRT Palembang dalam keterangan.

Sebagai jalur lintasan utama wilayah perairan Sungai Musi, Wahidin menyebut kapal dengan ukuran besar tidak akan dapat melintas. Namun untuk kapal pengangkut orang atau kapal berukuran kecil masih dapat melintas di bagian tepi Sungai Musi karena telah selesai pengerjaan.

Meskipun menghambat arus lalu lintas di perairan, tapi penutupan dipastikan hanya untuk satu hari saja. Mengingat pemasangan dua girder harus steril dari lalu lintas dibawah yang dapat membahayakan.

“Kalau kapal-kapal kecil masih bisa lewat dari tepi-tepi sungai Musi, hanya kapal besar seperti pengangkut batubara dan sejenisnya saja yang tidak bisa melintas dari jam yang telah ditentukan. Besok dipastikan selesai dan sudah dapat dibuka kalau sudah terpasang gider yang berada di bentang tengah sungai Musi,” sambungnya seperti dinukil dalam laman detik.com.

Dilakukannya pemasangan girder pada jalur lintasan LRT yang berdampingan dengan Jembatan Ampera akan mempercepat pengerjaan proyek LRT Palembang. Dengan demikian jalur lintasan yang disebut-sebut pernah mengalami kendala karena berada di Sungai Musi dipastikan dapat ditangani.

Proyek pembangunan LRT Palembang ditargetkan rampung pada akhir tahun 2017 mendatang. Selanjutnya akan dilakukan uji coba pada Bulan Februari dan dapat beroperasi untuk umum pada Juni 2018 sebelum pelaksanaan Asian Games.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button