Uncategorized

Semarak HUT Kota Jogya ke-261,Wali Kota Bagi-Bagi Hadiah

BritaBrita.com,Yogyakarta – Kemeriahan HUT kota Jogja yang ke- 261 sudah berakhir, Rabu (11/10/2017). Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menggelar Jenang Sumsuman, yakni makan bersama jajaran pejabat kota,kecamatan,pelaku seni,aktor Jogya Night Carnival dan rekan media massa di Balaikota Yogyakarta.

Kegiatan tersebut untuk merayakan keberhasilan terselenggaranya event tahunan tersebut.Di tengah acara, Wali Kota menyerahkan plakat penghargaan bagi peserta festival yang turut serta menyemarakkan HUT kota, diantaranya Festival Kampung Wisata, Festival Jogja Night Carnival, dan Festival Pawai Wisata Bregodo. Seketika itu juga, jutaan rupiah berpindah tangan kepada pemenang.

Dalam kesempatan tersebut,Kecamatan Danurejan unggul dengan penampilan terbaik pertama dengan skor nilai 415 dan total uang pembinaan Rp 20 juta. Urutan kedua ditempati oleh kecamatan Kotagede dengan mengantongi Rp 15 juta. Sementara penampilan terbaik ketiga yaitu kecamatan Umbulharjo dengan total hadiah Rp10 juta dan peraihan skor akhir 404. Ada juga Kecamatan Wirobrajan yang terpilih sebagai penampil terfavorit dengan uang pembinaan Rp 6 juta dan plakat penghargaan.

Festival Pawai Bregodo juga tak mau ketinggalan menampilkan para jawaranya. Juara 1 arak-arakan prajurit kampung tersebut diraih oleh kampung Wisata dari kecamatan Pandeyan. Disusul juara kedua dari kecamatan Kadipaten, dan ketiga direbut oleh kecamatan Sayidan.

Tak lengkap rasanya jika aktor kemeriahan acara HUT kota tersebut tidak ditampilkan, untuk itu Wali Kota Yogyakarta turut menggaungkan kecamatan Gedongsuman sebagai juara pertama dalam rangka kesemarakan wilayah. Juara kedua yang disebut kecamatan Gondolengan. Kedua kecamatan dengan prestasi kesemarakan wilayah tersebut berhasil memperebutkan piala Wali Kota.

Pembagian hadiah berlangsung meriah, Wali Kota sendiri mengaku sangat berterima kasih. Dengan terselenggaranya event HUT kota ini. Hal ini tentu semakin meningkatkan semangat masyarakat akan kota sejarah ini dan diminta untuk terus menjaga dan melestarikan budayanya.

Wali Kota Yogyakarta yang tak lepas dari ungkapan dan rasa terima kasihnya atas suksesnya event tersebut kepada semua pihak yang telah mendukung.

“Terima kasih kepada seluruh camat yang telah berkontribusi, sehingga acara lancar” ujarnya.

Jogja Night Carnival ketiga, lanjutnya, kemungkinan akan dilaksanakan di Malioboro setelah kemarin sukses digelar di Tugu Putih. “Namun hal tersebut harus kembali dikomunikasikan bersama Dinas Pariwisata. Yang terpenting ialah komitmen kita bersama untuk menjaga dan mencintai kota Yogjakarta” ucapnya.

Wali Kota juga mengumumkan nama Rahman Triyanto, dari Universitas Taman Siswa sebagai pemenang logo baru Wali Kota Jogja.

Sementara itu, Rani, pemenang dari Kecamatan Tahunan mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada beberapa pihak yang telah mendukung dan mendorong penuh dirinya untuk turut menyukseskan HUT kota Jogja.

Bahkan diakui penggiat seni jumputan itu tidak menyangka sama sekali dengan perolehannya kini, yang berhasil dinobatkan sebagai gelar juara dan membawa harum seni jumputan di festival tersebut.

“Meski saat ini kelurahan tempat tinggal saya seperti vakum namun untuk membangkitkan seni ini, saya selalu berusaha untuk memunculkan karya yang dapat dibanggakan kecamatan Tahunan. Kemana-mana saya diajak dan saya muncul, itulah salah satu upaya yang saya lakukan dibalik keberhasilan ini” ungkapnya kepada BritaBrita.com, Rabu (11/10/2017) saat ditemui seusai acara di Balaikota Yogyakarta.

Reporter : Pipit

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button