POLITIK

AS Cuma Sampaikan Maaf tanpa Beberkan Alasan

BritaBrita.com,JAKARTA–Menteri Luar Negeri Retno Marsudi tidak mendapatkan penjelasan dari Kedubes AS mengenai alasan pencekalan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Hal itu terungkap saat bertemu Wakil Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Erin Elizabeth Mckee di Kemenlu, Senin (23/10/2017).

Retno hanya menerima ucapan permintaan maaf dan komitmen AS untuk menjaga hubungan baik antara kedua negara.

Retno menyampaikan AS menyadari pentingnya hubungan dengan Indonesia dan menginginkan komunikasi kedua negara berjalan baik dan lancar. “Dia (Wakil Dubes AS) melihat, bagi Amerika Serikat penting menjalin hubungan dengan Indonesia, hubungan kita dalam kondisi yang baik,” ujar Retno.

Diplomat AS, tutur Retno, memastikan kehadiran Gatot ke AS untuk memenuhi undangan dari Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata AS Jenderal Joseph Dunford pada konferensi kepala staf angkatan bersenjata Chiefs of Defense Conference on Countering Violent Extremism di Washington, DC, 23-24 Oktober 2017.

“Yang kedua, mereka mengatakan konfirmasi bahwa rencana keberangkatan panglima dan rombongan adalah dalam rangka untuk memenuhi undangan yang disampaikan oleh Gen Dunford,” ungkap Retno.

Ia juga mengatakan, Wakil Dubes AS untuk Indonesia Erin Elizabeth Mckee juga kembali menuturkan permintaan maaf atas kejadian tersebut.

“Yang ketiga, mereka regret and apology terhadap situasi yang terjadi, yang tentunya menyebabkan ketidaknyamanan ini. Kemudian mereka juga menyampaikan bahwa larangan itu sudah tidak ada, dan sudah dicabut. Jenderal Gatot warmly welcome untuk melanjutkan kunjungannya ke AS,” sambung Retno seperti dinukil dalam laman mediaindonesia.com.

Saat ditanya soal apakah Erin sudah menjelaskan alasan penolakan Jenderal Gatot ke AS, Retno tak menjawab. Dia mengaku buru-buru karena dipanggil Presiden ke Istana.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button