Uncategorized

Registrasi Kartu SIM Seluler Tidak Perlu Nama Ibu Kandung

BritaBrita.com,Jakarta – Merujuk Peraturan Menkominfo No 21 Tahun 2017 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menkominfo No. 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, bersama ini disampaikan bahwa dengan mempertimbangkan perlindungan terhadap informasi yang bersifat pribadi dan dalam rangka memberikan rasa keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat maka registrasi pelanggan jasa telekomunikasi tidak memerlukan data nama ibu kandung.

Didalam proses registrasi, pelanggan dan/atau calon pelanggan Prabayar hanya perlu mengirimkan SMS ke 4444 dengan format tertentu yang berisi data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga yang sah.

Ahmad M. Ramli, Ketua Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengatakan, sehubungan dengan registrasi pelanggan jasa telekomunikasi, dengan ini diberitahukan bahwa masyarakat ketika melakukan registrasi tidak perlu menyampaikan data nama ibu kandung.

“pelanggan hanya diwajibkan menyampaikan data berupa Nomer Induk Kependudukan (NIK) dan Nomer Kartu keluarga (No,KK)untuk kepentingan validasi data ke Direktorat Jendral Kependudukan dan catatan Sipil (Dukcapil), Ujar M. Ramli dalam keterangnnya di Jakarta.

Demi peningkatan perlindungan hak pelanggan jasa telekomunikasi, seperti dinukil dalam laman telset.id, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan mulai memberlakukan registrasi kartu prabayar yang divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan mulai tanggal 31 Oktober 2017.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button