Uncategorized

Nissan Rilis Mobil Listrik yang Bernyanyi

BritaBrita.com,TOKYO — Nissan kembali meluncurkan produk mobil teranyarnya bernama IMx pada ajang Tokyo Motor Show pekan ini. Mobil ini berbahan bakar listrik dan dilengkapi dengan teknologi swakemudi.

 Hal unik yang tak boleh dilewati adalah fitur “bernyanyi”. Alunan suara indah yang akan dikeluarkan mobil untuk memberi tanda kepada pejalan kaki. Pasalnya mobil listrik hampir tidak mengeluarkan suara seperti mobil berbahan bakar bensin.  Nissan menyebut fitur tersebut Canto yang diambil dari bahasa Italia, dengan arti “saya bernyanyi”.

Di satu sisi, kendaraan listrik atau hibrid sangat ramah lingkungan. Namun di sisi lain, ada potensi bahaya dalam penggunaan kendaraan listrik. Minimnya suara yang dikeluarkan mobil, bisa membuat celaka pejalan kaki yang tak waspada. Menurut Departemen Transportasi Amerika Serikat, kendaraan listrik menciptakan peluang 35 persen lebih besar yang membuat pejalan kaki kecelakaan. Bahkan kepada pesepeda peluangnya bisa sampai 57 persen.

Pemerintah federal di Amerika Serikat bersepakat bahwa hal tersebut merupakan masalah serius yang harus ditangani. Pada 2015, Departemen Transportasi AS mengumumkan standard federal baru terkait mobil listrik. Regulasi tersebut memaksa perusahaan mobil merancang mesin yang bisa mengeluarkan suara saat berkendara.

Nissan sendiri telah memasang fitur peringatan kepada pejalan kaki pada mobil listriknya sejak tahun 2011 melalui fitur Leaf. Hingga akhirnya fitur tersebut dikembangkan pada model Canto. Fitur tersebut mengeluarkan nada yang bisa menyesuaikan gerakan mobil. Seperti saat mempercepat laju, melambat dan mundur, dilansir dari laman Wired. (net)

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button