Uncategorized

Jalan Putus, 130 KK di Banjarnegara Masih Terisolir

BritaBrita.com,Banjarnegara – Sekitar 130 kepala keluarga (KK) di Banjarnegara, Jawa Tengah masih terisolir. Hal itu diakibatnya putusnya jalan desa akibat hujan deras yang terjadi beberapa hari lalu.

Ratusan KK tersebut tinggal di RT 13/RW 4 Desa Kaliajir, Kecamatan Purwanegara. Jalan desa yang merupakan jalan satu-satuny warga menuju desa lain putus total. Jalan di perbukitan itu longsor sepanjang 30 meter.

Semua kendaraan tidak bisa lewat. Warga terpaksa berjalan kaki dan menerobos semak-semak, pekarangan atau kebun warga lainnya.

Kepala Desa Kaliajir Kecamatan Purwanegara Zaenal Arifin mengatakan, jalan tersebut menjadi akses utama bagi 130 KK yang tinggal di RT 13 tersebut. Kondisi jalan saat ini, tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Untuk jalan kaki pun warga harus lewat di semak-semak perkebunan warga lainnya. Karena benar-benar tidak bisa dilewati,” kata Zaenal di lokasi, Rabu (1/11/2017).

Jalan terputus akibat longsorJalan terputus akibat longsor

Dia mengatakan longsor sepanjang 30 meter ini diakibatkan hujan lebat yang mengguyur wilayah Desa Kaliajir. Kondisi tanah di sekitarnya labil sehingga mudah longsor saat hujan.

Karena jalan terputus, warga harus memutar sekitar 10 kilometer melalui Desa Kalitengah. Jalan yang longsor ini juga menghubungkan ke Desa Kalitengah.

“Warga masih bisa lewat Kalitengah untuk ke pasar tetapi akses warga menuju balaidesa atau ke sekolah sulit dan harus memutar lebih jauh,” katanya.

Salah satu warga Desa Kaliajir, Marnoto mengatakan longsornya jalan tersebut menyulitkan warga saat hendak ke kebun. Saat ini, warga terpaksa jalan kaki melewati pekarangan atau lahan warga lainnya.

“Kalau mau ke kebun jadi sulit. Kami berharap agar akses jalan ini bisa segera diperbaiki agar aktivitas warga tidak lagi terganggu,” harapnya seperti dinukil dalam laman detik.com.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button