Uncategorized

Wujudkan Sistem Perkotaan Yang Efisien

BritaBrita.com,Yogyakarta– Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama Pusat Studi Transportasi dan Logistik (PUSTRAL) UGM menggelar seminar Synergia 2 dengan tema “Lean, Clean and Green Cities, Retionalizing Indonesia Urban Freight Through Inclusive Urban Development” di University Club Hotel UGM, Bulaksumur,Selasa (07/11/2017).

Dalam seminar tersebut dinyatakan komitmen untuk mewujudkan sistem perkotaan yang efisien dalam pemanfaatan energi dan finansial (Lean), sistem logistik perkotaan yang meningkatkan kualitas lingkungan dan kesehatan penduduk perkotaan (clean) dan sistem logistik perkotaan yang tidak merusak sistem ekologi lokal maupun global (green).

Dan sistem logistik perkotaan yang menjadi bagian dari pengembangan kota yang implusif dan menebar manfaat dari pertumbuhan ekonomi ke seluruh lapisan masyarakat.

“Komitmen tersebut diperkuat oleh forum logistik perkotaan Indonesia yang beranggotakan perwakilan dari perguruan tinggi, pemerintah pusat dan daerah, serta asosiasi di bidang logistik” ujar Kuncoro Harto Widodo, Perwakilan Tim Formatur UGM.

Lihat Juga :  Ini Manfaat dan Rahasia di Balik Gerakan Shalat

Forum ini, lanjut Kuncoro, sebagai media diskusi dan berbagi informasi dan ilmu pengetahuan, serta membentuk tim formatur yang bertugas membantu pembentukan kepengurusan forum, kemudian bersama-sama menyebarluaskan temuan-temuan dan fakta dari beragam isu yang terkait dengan perkembangan logistik perkotaan.

Lebih lanjut dirinya menyebutkan 7 usulan dari tim formatur saat ini yang terdiri dari perwakilan Kementerian Perekonomian, perwakilan dari Universitas Indonesia, UGM, Universitas Udayana Bali, Universitas Sumatera Utara, Universitas Hasanudin Makasar dan asosiasi.

Dengan hal ini, pihaknya, berupaya agar pemeritah pusat dan kota serta asosiasi dapat bersinergi memberi kontribusi pada sistem perkotaan di Indonesia yang lean, clean and green.

Berbicara logistik, tentu bukan sekadar membicarakan hari ini, tetapi juga menyangkut masa depan.

Lihat Juga :  Di Trenggalek, Plengsengan Ambrol Timpa Gedung Sekolah, Pelajar Bergantian Belajar

Sementara itu, Prof Dr Rachel Thomson, pembicara dari University Of Melbourne memaparkan strategi dalam mewujudkan sistem logistik perkotaan yang lean, clean, dan green seperti halnya di negaranya di Melbourne untuk jangka waktu yang lama.

“Ada beberapa hal yang perlu diperbaiki demi mencapai lean, clean, and green, ialah perlunya memperbaiki angkutan barang di perkotaan, mengatur perkembangan urbanisasi yang dapat menimbulkan masalah kemacetan, e-commerce, dan permasalahan relokasi atau konsentrasi fasilitas logistik semacam warehousing” jelasnya.

Rektor UGM, Prof Ir Panut Mulyono MEng DEn mengatakan bahwa dirinya berharap agar seminar tersebut dapat memberi kontribusi untuk indonesia.

“Demi mencapai kemajuan logistik sistem perkotaan, kita akan terus berupaya maksimal dan bersinergi mewujudkan sistem logistik yang lean, clean, and green” pungkasnya.

Reporter : Pipit
Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button