Uncategorized

Kementan Canangkan Gerakan Panen dan Hemat Air Hadapi Perubahan Iklim

BritaBrita.com,JAKARTA – Perubahan iklim menjadi tantangan di sektor ketahanan pangan sehingga perlu diantisipasi semua pihak.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Hari Priyono dalam sambutannya pada diskusi panel Penanganan Perubahan Iklim Sektor Pertanian bertema Gerakan Panen dan Hemat Air Untuk Meningkatkan Produksi Pangan Menghadapi Perubahan Iklim, baru-baru ini.

Dalam keterangan resminya, Hari mengatakan perubahan iklim menjadi tantangan yang harus segera di respon. Apalagi muncul iklim-iklim ekstrim seperti di tahun sebelumnya. Tanpa antisipasi yang baik, berpotensi mengganggu ketahanan pangan Indonesia.

Isu penanggulangan perubahan iklim telah dicanangkan sejak lama. Sejumlah upaya antisipasi juga telah dilakukan. Namun, pada operasionalnya masih dianggap kurang efektif.

“Dalam 3 tahun terakhir, Kementerian Pertanian secara masif telah melakukan rehabilitasi jaringan irigasi kurang lebih sekitar 3,2 juta ha jaringan irigasi. Hal ini untuk mengefisienkan air,” katanya.

Selain itu, Kementerian Pertanian meluncurkan beberapa varietas komoditas padi yang tahan terhadap kekeringan. Namun, ini masih perlu upaya komprehensif dari berbagai aspek agar pada tataran pelaksanaan di lapangan mampu berjalan efektif.

Hari berharap dari diskusi ini akan menghasilkan rekomendasi yang komprehensif dan tuntas dalam mengantisipasi perubahan iklim di sektor pertanian. Dia mencontohkan perlu ada manajemen tanam yang baik pada penanaman komoditas di satu aliran irigasi. Jika hal ini tidak dikelola dengan baik, maka wilayah yang berada di hilir berpotensi kekeringan.

“Fokus penanggulangan perubahan iklim di sektor pertanian bukan saja untuk meningkatkan produksi pangan, tetapi yang lebih penting lagi bagaimana upaya peningkatan kesejahteraan petani,” imbuhnya seperti dinukil dalam laman bisnis.com.

Editor : Syl

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button