PALEMBANG

Ishak Mekki Bikin Kejutan! Kantongi Nama Bakal Calon Wakil Gubernur Sumsel

BritaBrita.com,Palembang – Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai calon Gubernur Sumsel pada Pilkada 2018. Namun masih belum menyebut siapa Wakilnya itu.

“Masih dalam pendekatan. Tapi sudah dipastikan orangnya. Anda semua tahu. Tapi nantilah kita sebutkan namanya,”kata Ishak soal wakilnya itu.

Namun banyak wartawan yang hadir dalam jumpa perss Minģgu malam di York Cafe 27 November 2018, menduga-duga nama Aswari Rivai, Bupati Lahat sebagai pendamping.

Ishak yang dikejar wartawan dalam pertanyaan mereka masih tetap belum bersedia menyatakan nama.

Ia berkata lain sembari tertawa “Pokonya kita telah siap maju sebagai calon Gubernur Sumatera Selatan pada Pilkada 2018 setelah mendapat dukungan atau berkoalisi dengan Partai Bulan Bintang (PBB), sebab dengan koalisi itu berarti Partai Demokrat dan PBB telah mendapat 15 kursi di DPRD Sumsel,” kata Ishak Mekki yang juga Ketua Partai Demokrat Sumsel ini ketika bersilaturahim dengan para Pemimpin Redaksi di Palembang.

Dengan majunya Ishak Mekki pada Pilkada 2018 kini dia tengah mengintesifkan komunikasi dengan DPP Partai Demokrat dalam hal ini pimpinan tertinggi seperti Soesilo Bambang Yoedoyono, dan memilih sejumlah figur atau tokoh Sumsel sebagai calon wakilnya.

Ia mennyatakan, kebulatan tekad maju sebagai Cagub Sumsel pada 2018, karena dalam 2,5 tahun ini ia turun ke lapangan, seperti kawasan pantai timur di gunung dan di laut, masuk dari kampung ke kampung, dari dusun ke dusun, dan dari lorong ke lorong pada 17 kabupaten dan kota di Sumsel untuk menemui masyarakat ternyata banyak input atau aspirasi yang diterima dengan segala persoalan yang dihadapi mereka.

“Dalam safari rutin setiap pekan bertemu dengan masyarakat ini banyak masukan yang didapat seperti keluhan jalan rusak, sekolah gratis dan sebagainya. Saya menampung semua keluhan dan aspirasi masyarakat itu. Mudah-mudahan kalau saya nanti terpilih menjadi Gubernur Sumsel semua aspirasi masyarakat itu bisa saya realisasikan,” ungkapnya.

Menurut dia, jika sekarang merealisasikan keinginan masyarakat seperti membangun jalan atau memperbaiki jalan rusak itu belum semua dapat terpenuhi karena kewenangan dia selaku Wagub Sumsel amat terbatas.

Safari turun ke kabupaten dan kota di Sumsel itu, katanya telah membuat tingkat elektabilitas dirinya meningkat cukup signifikan.

“Meski elektabilitas bukan sebagai penentu, tapi itu tetap akan menjadi baro meter atau pedoman bagi saya untuk terus mengevaluasi diri dan tekad untuk maju pada Pilkada 2018,” kata Ishak yang masih enggan menyebut nama calon wakilnya pada Pilkada nanti.

Pokoknya soal wakil itu, sesegera mungkin diumumkan, karena pilkada 2018 tidak akan lama lagi, ujarnya.

Oleh karena itu Ishak Mekki juga meminta dukungan media massa di Sumsel untuk membantu meningkatkan elektabilitasnya.

Terkait calon lain seperti, Dodi Reza Alex yang kini menjabat Bupati Banyuasin dan didukung oleh Partai Golkar, serta mantan Bupati OKU Timur Herman Deru, Ishak menjelaskan calon-calon tersebut memiliki kelebihan masing-masing.

Semua kandidat yang akan maju nanti pada Pilkada 2018 masing-masing punya kelebihan dan juga dengan cara berbeda tentunya. Bwgitu kata Ishak.

Untuk menghasilkan  Pilkada berkualitas, tentuk dibutuhkan kehebatan KPU sebagai penyelenggara Pilkada dan Panwas. Lembaga ini harus bekerja  baik, bersih, dan transparan.

Dari segi kompetensi, keterampilan, gambaran tentang action plan dan integritas, Ishak Mekki mendapat penilaian tertinggi yakni 78,2 persen responden. Kemudian disusul Herman Deru 71,1 persen, Dodi Reza Alex 68,2 persen, Syahrial Oesman 68,1 persen, Saifudin Aswari Rivai 64,2 persen, Giri Ramanda Kiemas 62,2 persen, Eddy Santana Putra 60.2 persen, Susno Duadji 57,2 persen, Riduan Effendi 54,2 persen, Irwansyah Sofyan Rebuin 53,7 persen dan Mawardi Yahya 52,8 persen.

Hal itu berdasarkan survei yang dilakukan Indonesia Network Election Survei (INES) yang melihat tingkat keterkenalan dan kesukaan masyarakarat.

Dimana nama Ishak Mekki mendapat respon sekitar 85,20 persen.

Direktur Eksekutif INES Ir. Widodo Tri Setianto mengungkapkan Herman Daru dikenal dan disukai masyarakat sekitar 73,80 persen. (**)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button