Uncategorized

Banjir dan Longsor Landa Sejumlah Lokasi di Kulon Progo

BritaBrita.com,Kulon Progo – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Kulon Progo mengakibatkan sejumlah kejadian longsor, pohon tumbang dan banjir, Selasa (28/11/2017). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulon Progo masih melakukan penanganan awal dan pendataan.

“Sejak pagi tadi, ada laporan yang masuk pohon tumbang dan longsor di 9 titik, di antaranya di Kokap dan Samigaluh, di kawasan perbukitan Menoreh,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kulon Progo, Gusdi Hartono.

Selain itu, Gusdi juga mengatakan, akibat hujan cukup lebat, di wilayah selatan yang lebih rendah juga ada genangan banjir. Di antaranya di Lendah, Galur, dan Panjatan. Banjir di wilayah itu merendam areal persawahan dan permukiman penduduk.

“Terlalu banyaknya titik, kita harus mendata dengan teliti dan urut. Teman-teman di lapangan juga masih fokus melakukan penanganan awal,” jelasnya.

Data dari Pusdalop BPBD DIY, hingga siang ini tercatat tada 6 titik pohon tumbang dan 2 titik longsor di Kulon Progo menimpa rumah, menutup akses jalan, dan menimpa masjid serta pondok pesantren. Tiga orang santri dilaporkan mengalami luka ringan. Lalu juga dilaporkan ada 2 titik banjir.

Sementara itu, pada Senin kemarin, BPBD Kulon Progo juga mencatat ada sekitar tujuh titik pohon tumbang yang mengenai rumah dan melintang di jalan. Seluruhnya tidak menimbulkan korban jiwa. (net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button