Uncategorized

Alami Peningkatan, Industri Logam Terus Didorong

Britabrita.com, Yogyakarta – Pertumbuhan industri logam di tahun 2017 telah mencapai 5,49 persen. Sementara pertumbuhan ekonomi berada di angka 5,6 persen yang diikuti oleh industri makanan dan industri logam lainnya. Hal ini disampaikan oleh Endang Suwartini – Direktur Industri Kecil Menengah (IKM) Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dalam seminar sewindu UPT Logam kota Yogyakarta, di Balaikota Yogyakarta, Jumat (8/12/2017).

Menurutnya, posisi Indonesia saat ini berada diurutan ke-9 untuk sektor manufaktur. Mengingat kontribusi Indonesia telah mencapai 22 persen dan mengalahkan Inggris dengan 10 persen.
“Posisi Indonesia meningkat cukup signifikan dari posisi yang sebelumnya di bawah Filipina, saat ini naik” ujarnya.

Pada 2016 lalu, Indonesia ada di posisi 106, sementara tahun ini naik di posisi 91. “Tahun depan harus naik lagi, sehingga kita tidak kalah dari negara-negara lainnya” imbuhnya.

Masih dikatakan Endang, industri ini memiliki peranan penting dalam menumbuhkan sektor sektor lain dalam hal pemanfataan Sumber Daya Alam, ketersediaan lapangan kerja, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, dan lainnya.

UPT Logam juga harus berkontribusi dalam hal Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Sehingga nilai investasi pun meningkat. “IKM ini kita dorong agar memiliki peran. Kita ingin teman-teman UPT Logam bermitra, jadi tidak jalan sendiri sendiri” tandasnya.

Reporter : Pipit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button