PALEMBANG

BKLDK-KARS Ajak Mahasiswa Jadi Agen Perubahan

BritaBrita.com,PALEMBANG-Badan Koordinasi Lembaga Dakwah Kampus Sumatera Selatan (BKLDK Sumsel) bekerjasama dengan Komunitas Aktivis Rindu Syurga (KARS) menggelar seminar “Refleksi Akhir Tahun”di aula Akbid Suaibah Palembang, Minggu (17/12/2017).

Seminar yang diikuti ratusan peserta dari mahasiswa perguruan tinggi dan kampus tersebut menghadirkan Dr. Marini Wijayanti, S.Pi, M.Si (Dosen UNSRI), Erni Purbiyanti, S.P, M.Si. (Dosen UNSRI dan Mahasiswa Program Doktor PPs Unsri), dan Sri Dewi, S.EI, M.E (Dosen UIN Raden Fatah Palembang) selaku narasumber.

Erni Purbiyanti menjelaskan generasi muda harus memberikan kontribusi terhadap permasalahan negara.

“Terlalu banyak permasalahan yang dihadapi bangsa ini misalnya keadaan ekonomi semakin sekarat, menjadikan rakyat semakin melarat. Hutang negara semakin banyak, ditambah tipu daya konglomerat. Begitu juga kasus kriminal meroket tajam, kriminalisasi dan persekusi ulama, Perppu mulai dijadikan alat untuk membungkam suara rakyat. Untuk itu, kita harus ikut serta dalam upaya menyelesaikan permasalahan tersebut. Jadilah calon pemimpin yang tetap berpegang teguh pada Alquran dan hadist,”jelasnya.

Marini menambahkan mengapa Islam dibungkam. Dia menuturkan hal itu merupakan salah satu agenda dari Amerika Serikat dan sekutunya, yang mengalami Islam phobia. Sehingga masyarakat digiring pada persepsi bahwa Islam itu teroris, berbahaya, dan sesuatu yang menakutkan.

“Seperti yang pernah diungkapkan oleh Tokoh Masyumi Mohammad Natsir, bahwa Islam beribadah akan didiamkan, Islam berekonomi akan diawasi, dan Islam berpolitik akan dicabut akar-akarnya. Untuk itu, diharapkan kepada kita semua untuk menyadarkan dan membuktikan kepada masyarakat kita bahwa semua persepsi tersebut salah,”paparnya.

Sementara itu, Nara Sumber lainnya, Sri Dewi memaparkan kunci dalam menyikapi berbagai permasalahan tersebut.

“Kita sebagai warga negara Indonesia khususnya umat muslim hendaknya mengedepankan persatuan, tentunya dengan melakukan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,”Pungkasnya.

Reporter : M Dudin
Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button