Uncategorized

Ini Jalan Bertenaga Surya Pertama di Dunia

BritaBrita.com-China sudah siap mengoperasikan jalan raya dengan tenaga panel surya pertama di dunia. Jalan raya surya yang panjangnya 2 kilometer itu terletak di seksi khusus ring roadJinan, timur Provinsi Shandong. Rencananya pada pergantian tahun nanti, jalan bertenaga panel surya ini sudah bisa dipakai.

Jalan bertenaga surya ini terdiri dari tiga lapis. Lapisan terbawah merupakan lapisan isolasi yang mencegah kelembapan tak sampai ke perangkat fotovoltaik pada lapisan tengah. Pada lapisan teratas, merupakan lapisan pelindung yang dibangun dari bahan beton transparan.

Dikutip dari Sputniknews, Sabtu 30 Desember 2017, pengelola telah menguji minibus yang berjalan dengan kecepatan 100 kilometer per jam di atas jalan berpanel surya ini. Hasilnya cukup memuaskan. Menurut laporan CCTV Report, pengemudi mobil mengatakan jarak pengereman pada jalan raya panel surya itu hampir identik dengan permukaan aspal tradisional.

Jalan raya berpanel surya pertama di dunia ada di China

Kendaraan terlihat melintasi jalan raya surya di di Jinan, Provinsi Shandong, China

Lapisan fotovoltaik yang ada di tengah mampu menghasilkan listrik. Perancang proyek dan ahli transportasi Universitas Tongji, China, Zhang Hongchao mengatakan ke depan lapisan fotovoltaik berpotensi mengecas secara mulus untuk mobil listrik saat berhenti. Fungsi itu bisa tersedia begitu ada muncul teknologi pengecasan surya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button