POLITIK

Peta Politik Pilgub Jatim 2018 Berubah Setelah Azwar Anas Mundur

BritaBrita.com,JAKARTA РPeta politik di Pilgub Jawa Timur 2018 diprediksi mengalami perubahan menyusul mundurnya bakal calon wakil gubernur Abdullah Azwar Anas.

“Pengunduran diri Azwar Anas dari pencalonan Pilgub Jatim membuat peta politik Jatim sangat mungkin berubah,” ujar pengamat sosial politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun, baru-baru ini.

Azwar Anas yang juga Bupati Banyuwangi ini telah mengembalikan mandat penugasan calon wakil gubernur ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Anas sebelumnya diusung oleh PDI Perjuangan (PDIP) mendampingi Saifullah Yusuf atau Gus Ipul yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Menurut Ubed, pergeseran peta politik di Jatim akan dipengaruhi oleh sosok pengganti Anas. Tak hanya itu, Ubed menyebut, konsolidasi antarpartai pendukung juga sangat memengaruhi konstelasi perpolitikan di Pilgub Jatim.

“Itu ditentukan oleh siapa pengganti Anas dan seberapa serius PDIP mengonsolidasikan koalisinya mencapai kesepakatan optimal,” ucap Ubed seperti dinukil dalam laman sindonews.com.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengembalikan mandat penugasan calon wakil gubernur Jatim ke PDIP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button