Uncategorized

Sejarah! Wanita Arab Saudi Mulai Dibolehkan Nonton Pertandingan Olahraga di Stadion

BritaBrita.com,JAKARTA-Sejarah baru tidak lama lagi akan tercipta di Arab Saudi. Untuk pertama kalinya, kaum Hawa di negara teluk tersebut diizinkan menonton pertandingan olahraga di stadion.

Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan bahwa mereka membuka stadion bagi perempuan untuk pertama kalinya hadir menyaksikan langsung pertandingan sepakbola pada, Jumat (12/1/2018) nanti.

Pertandingan pertama akan diadakan di Ibu Kota Riyadh, selanjutnya di Jeddah di Laut Merah, dan yang ketiga di timur kota Dammam. Demikian dilansir AFP, dikutip dari Telusurtv, Selasa (9/1/2018).

“Pertandingan pertama yang akan diizinkan perempuan menonton adalah pertandingan Al-Ahli versus Al-Batin pada hari Jumat, 12 Januari,” kata Kementerian Informasi Arab Saudi dalam sebuah pernyataannya, Senin (8/1/2018) kemarin.

Para perempuan Arab Saudi diizinkan untuk menonton pertandingan lain di hari berikutnya, bersamaan dengan pertandingan ketiga pada 18 Januari mendatang.

Keputusan ini merupakan bagian dari program reformasi secara sosial yang dilakukan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, menyusul kebijakannya yang diberi nama visi Arab Saudi 2030 (Vision 2030).

Sekadar untuk diketahui, Arab Saudi berada di peringkat 141 dari 144 negara mengenai paritas gender dalam Laporan Gejolak Gender Global 2016 oleh Forum Ekonomi Dunia.

Negara yang kaya akan minyak ini telah lama dikritik karena peraturannya yang ultra konservatif mengenai hak-hak perempuan.

Pada 23 September 2017 lalu, ratusan perempuan Arab Saudi berkumpul di Ibu Kota, untuk pertama kalinya di stadion sepakbola di Riyadh, untuk menyaksikan perayaan Hari Nasional Arab Saudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button