Uncategorized

Astaga! Jakarta Masuk Daftar Kota Paling Tak Aman bagi Wanita

BritaBrita.com,JAKARTA–Kota Jakarta masuk dalam peringkat ke-tujuh dalam daftar ’10 Kota Besar dengan Kasus Kekerasan Seksual Tertinggi di Dunia’ sepanjang tahun lalu.

Daftar tersebut dirilis oleh Thomas Reuters Foundation, dengan metodologi poling sepanjang Juni-Juli 2017 terhadap 380 pakar di bidang kewanitaan, akademis, non-pemerintah, kesehatan, kebijakan, dan sosial di 19 kota besar dunia.

Ratusan pakar tersebut sepakat menganggap kalau wanita di Jakarta terancam mengalami kasus kekerasan mulai dari verbal dan fisik setiap harinya.

Jika Jakarta berada di peringkat ke-tujuh, maka kota Delhi di India dan kota Sao Paulo di Brazil menempati peringkat teratas.

Sementara itu, kota Lima di Peru menempati peringkat paling bawah.

Selain masuk dalam daftar ’10 Kota Besar dengan Kasus Kekerasan Seksual Tertinggi di Dunia’, Jakarta juga masuk dalam daftar ’19 Kota Besar yang Berbahaya untuk Wanita di Dunia’.

Belasan kota besar yang dipilih merupakan kota dengan penduduk lebih dari 10 juta penduduk.

Dalam daftar tersebut, Jakarta masuk dalam peringkat ke-sembilan, di bawah Lagos, Nigeria, dan di atas Istanbul, Turki.

Sedangkan yang berada di peringkat teratas ialah kota Kairo, Mesir dan yang berada di peringkat terbawah ialah kota London, Inggris.

Seperti dinukil dalam laman cnnindonesia.com, Faktor tingginya kasus kekerasan seksual, pengaruh praktik budaya, minimnya akses kesehatan dan peluang ekonomi terhadap wanita membuat Jakarta menempati peringkat tersebut.

Dirilisnya daftar ini dikhawatirkan membuat citra Jakarta sebagai ibu kota Indonesia tercoreng, padahal saat ini Kementerian Pariwisata sedang gencar-gencarnya melakukan promosi wisata Visit Jakarta. Pemerintah Indonesia perlu membuat aturan lebih tegas untuk menanggulangi kasus serupa berulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button