Uncategorized

Studi: Polusi Bikin Orang Berperilaku Tak Etis dan Berselingkuh

BritaBrita.com, JAKARTA–Sebuah penelitian mengatakan, paparan terhadap polusi udara dapat menyebabkan seseorang berperilaku tidak etis seperti berbuat kejahatan dan berselingkuh. Temuan ini dilakukan pada orang dewasa yang tinggal di India dan AS.

“Temuan kami menunjukkan bahwa polusi udaratidak hanya merusak kesehatan tapi juga dapat mencemari moralitas,” kata Jackson G Lu, seorang peneliti perilaku di Columbia Business School, Amerika Serikat.

Peneliti melakukan percobaan pada sekelompok mahasiswa di Amerika Serikat dan mengukur seberapa sering mereka berselingkuh.

Dalam eksperimen lain yang dilakukan di India, peneliti mengukur kesediaan para peserta melakukan cara yang tak etis untuk bernegosiasi.

Peneliti juga memeriksa data polusi udara dan kejahatan pada 9.360 kota di AS yang dikumpulkan selama periode sembilan tahun.

Hasilnya, kota dengan tingkat polusi udara yang tinggi cenderung memiliki tingkat kejahatan yang tinggi pula.

Seperti dinukil dalam laman suara.com,Hubungan antara polusi dengan tindakan perilaku tak etis, kata peneliti, kemungkinan disebabkan karena meningkatnya rasa cemas.

Studi sebelumnya mengungkapkan, adanya korelasi antara paparan polusi dengan perasaan cemas. Ini pada akhirnya, berhubungan juga dengan berbagai perilaku tidak etis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button