Uncategorized

Kembali Berulah, Marquez Urung Raih Pole Position di MotoGP Amerika Serikat 2018

BritaBrita.com,AUSTIN – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, lagi-lagi membuat ulah saat sesi kualifikasi MotoGP Amerika Serikat 2018. Karena ulahnya tersebut, pembalap berpaspor Spanyol itu pun harus kehilangan pole position di balapan utama yang akan dilaksanakan pada Senin 23 April 2018 dini hari WIB.

Dalam sesi kualifikasi yang berlangsung di Circuit of the Americas (COTA), Argentina, Minggu (22/4/2018) dini hari WIB, Marquez sebenarnya keluar sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 2 menit 3,658 detik. Akan tetapi, karena mengenderai motornya dengan pelan saat balapan sesi kualifikasi berlangsung, membuat Marquez terkena hukuman oleh pihak MotoGP.

Hal tersebut terjadi ketika Marquez berada di depan pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales. Rekan setim Valentino Rossi itu merasa sangat terganggu dengan kehadiran Marquez yang menghalangi lintasannya.

Padahal, Vinales sedang berusaha keras untuk mengejar waktu terbaiknya agar dapat meraih pole position. Akan tetapi, gara-gara Marquez berjalan lambat, Vinales pun tidak dapat memaksimalkan laju motornya tersebut.

Vinales pun mengaku kesal atas perbuatan yang sudah dilakukan Marquez tersebut. Bahkan, Vinales sempat mengangkat tangannya di depan Marquez yang menandakan bahwa ia tidak suka dengan apa yang Marquez perbuat.

Alhasil, pihak MotoGP dan FIM pun langsung memberikan hukuman kepada pembalap berjuluk The Baby Alien itu dengan membuatnya turun tiga posisi ketika balapan sebenarnya berlangsung.

Marquez pun mengaku tidak terlalu mempermasalahkan hukuman tersebut. Ia berdalih tidak mengetahui sama sekali bahwa ada pembalap lain yang berada di belakangnya. Pada saat itu, Marquez mengaku sedang mencari di mana keberadaan Andrea Iannone (Suzuki Ecstar).

(Marquez dan Rabat. Foto: MotoGP)

“Saya pikir saat itu tidak ada pembalap lain yang berada di belakang saya. Pada saat itu, saya sedang mencari keberadaan Iannone. Tiba-tiba saya pun mendengarkan suara mesin motor lain,” tutur Marquez, dikutip dari Crash, Minggu (22/4/2018).

“Jadi, saya langsung meminggirkan motor saya, namun tampaknya hal tersebut sudah menganggu Vinales. Itu tidak apa-apa (terkait hukuman yang diberikan kepadanya). Saya hanya kehilangan empat meter di grid,” tambah pembalap berusia 25 tahun itu.

Kini, pole position sendiri akan ditempati oleh Vinales karena dalam sesi kualifikasi ia adalah pembalap kedua tercepat. Iannone dan Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3) pun juga naik satu peringkat di balapan Senin dini hari nanti.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button