NASIONAL

Perampokan di Taksi Online, Polisi Ingin Sistem SOS Diterapkan

BritaBrita.com,Jakarta – Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Barat, Komisaris Besar Hengki Haryadi, mendorong perusahaan aplikasi Taksi Online memberlakukan sistem SOS alias kode panggil darurat. Tujuannya, mencegah berulangnya kejahatan yang dilakukan pengemudi terhadap penumpang. “Perlu diterapkan sistem SOS,” ujar Hengki.

Dorongan polisi ini dilakukan menyusul kasus penyekapan dan perampokan yang dilakukan oleh pengemudi GrabCar terhadap penumpang berinisial SS, 28 tahun, Senin lalu. Korban disekap dan dirampok dalam perjalanan dari kawasan Tambora, Jakarta Barat, menuju Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Polisi juga meminta perusahaan aplikasi untuk membuat prosedur operasi untuk menangkal adanya “sopir tembak”. Dalam kasus penyekapan SS, kata Hengki, pengemudi bernama Ledi alias Alung ternyata bukan sopir resmi GrabCar. Ledi memakai akun dan mobil milik ayah tirinya yang merupakan pengemudi resmi perusahaan tersebut.

Berulangnya kejahatan oleh pengemudi taksi online juga mendorong analis kebijakan transportasi dan Ketua Forum Warga Kota Jakarta (Fakta), Asas Tigor Nainggolan, melayangkan surat terbuka kepada kepala Kepolisian RI. Menurut Tigor, polisi tak cukup menindak tegas pengemudi taksi online yang terlibat kasus kriminal.

Tigor mendesak polisi agar menuntut tanggung jawab perusahaan aplikasi angkutan online. Sebab, kata dia, berulangnya kejahatan yang melibatkan pengemudi membuktikan bahwa perusahaan aplikator lalai mengawasi mitranya itu.

Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan polisi untuk mengungkap kasus penyekapan dan perampokan terhadap SS. “Investigasi oleh polisi sedang berlangsung. Kami siap bekerja sama,” kata dia seperti dinukil dalam laman tempo.co.

Ridzki menyarankan penumpang taksi online GrabCar dapat melapor kepada polisi bila mendapat layanan buruk dari sopir. Cara lainnya, penumpang bisa menghubungi pusat layanan konsumen Grab di nomor +62-21-8064 8777 atau mengirim e-mail ke support.id@grab.com. “Tim kami siap melayani segala pertanyaan dan keluhan penumpang selama 24 jam,” ujar dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button