Uncategorized

Kunci Keberhasilan Iannone Naik Podium di MotoGP Spanyol 2018

BritaBrita.com,JEREZ –Rider Tim Suzuki Ecstar, Andrea Iannone, kembali meraih podium saat melakoni balapan seri keempat di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada Minggu 6 Mei 2018. Rider berkebangsaan Italia seakan menunjukkan bahwa kemampuannya di atas kuda besi tidak bisa diremehkan. Podium ketiga tersebut ia dapatkan setelah melalui pertarungan sengit dengan pembalap Tim Pramac Ducati, Danilo Petrucci.

Mengawali balapan dari posisi ketujuh, rekan satu tim Alex Rins itu tampil cukup baik di lintasan. Iannone terus melaju maksimal untuk tetap berada di kelompok pembalap terdepan. Pada pertengahan balapan, Iannone terus mendapat tekanan dari Petruci yang berada tepat di belakangnya.

Andrea Iannone (Foto: MotoGP)

(Foto: MotoGP)

Seperti dinukil dalam laman okezone.com, pada lap ke-17 terjadi insiden yang melibatkan pembalap di kelompok depan. Dua rider Tim Ducati Corse, Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo serta Dani Pedrosa (Reprol Honda) mengalami kecelakaan beruntun. Kejadian tersebut membuat Iannone yang berada di posisi keenam terdongkrak ke urutan tiga.

Meski mendapat keuntungan dari insiden tersebut, Iannone tetap mendapat tekanan dari Pettruci yang terus mencoba menggeser posisi eks rider Ducati tersebut. Akan tetapi, pembalap 28 tahun itu mampu mempertahankan posisinya dan berhak menempati podium ketiga pada akhir balapan.

Iannone mengatakan, pencapaiannya tersebut didapat karena menggunakan setting-an ban yang tepat. Sejak babak kualifikasi ia memilih ban medium untuk bagian depan, dan untuk belakang Iannone memilih ban dengan komponen yang lebih keras.

“Saya memilih untuk memasang ban medium untuk di depan, tetapi ketika selesai babak kualifikasi, saya berkonsultasi dengan pihak Michelin dan juga tim, yang menyarankan saya untuk memilih senyawa lebih keras. Itu berarti merupakan setting-an ban yang sam dengan pembalap lain,” ujar mantan rekan satu tim Andrea Dovizioso tersebut seperti dilansir Tuttomotoriweb, Senin (7/5/2018).

“Jika saya tidak membuat keputusan itu, menurut mereka, akan sulit untuk memperjuangkan posisi teratas. Pada akhirnya, bagaimanapun, saya tetap dalam pikiran saya dan saya menjaga medium di depan dan di belakang saya milih ban dengan komponen keras. Semuanya berjalan dengan baik dan saya berhasil mendapatkan tempat ketiga, dan itu sangat penting. Semuanya akhirnya menuju ke arah yang benar. Di balik semua itu ini kemenangan untuk tim. Karena Anda kalah dan menang bersama” tutup pembalap dengan nomor motor 29 tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button