Uncategorized

Ketahui Penyebab Ban Mobil Pecah di Jalan Raya

BritaBrita.com,JAKARTA-Ban pecah bisa terjadi di mana dan kapan saja. Tetapi yang pasti ban pecah bisa meningkatkan risiko petaka di jalan raya. Bahkan tak sedikit yang jadi korban kecelakaan karena kasus ban pecah.

Lantas apa sebenarnya penyebab ban pecah? Trainer Product Knowledge PT Nissan Motor Indonesia, Sugihendi mengatakan, ban pecah bisa jadi sebuah musibah besar. Karena mobil bisa jadi lepas kendali dan bergerak liar.

Namun dia menegaskan, ban pecah biasanya terjadi karena tekanan angin yang salah. Hal itu di luar dari kasus kondisi sudah tipisnya ban.

“Ban pecah itu penyebab utamanya dari tekanan angin yang berlebih, dan saat putaran ban kencang salah satu benang pada ban putus, sehingga angin keluar dari sela-sela benang,” ujarnya.

Sebelum benang pada ban putus, biasanya ban akan mengalami benjol. Benjolan inilah yang jadi salah satu pemicu ban pecah akibat gesekan panas dengan aspal jalanan.

Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi menambahkan, banyak faktor yang bisa membuat ban mobil jadi pecah. Kata dia, benturan ban sangat kuat dan bertumpu pada satu bagian juga bisa membuat ban pecah.

“Kedua tekanan ban terlalu besar atau terlalu kempis, tidak sesuai dengan beban kendaraan (saat mobil melaju), kecepatan kendaraan tidak sesuai spesifikasi ban, ban tipis, itu lah faktor-faktor penyebabnya,” tuturnya seperti dinukil dalam laman viva.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button