PALEMBANG

Dishub Razia Parkir Liar di Kawasan Jakabaring Sport City (JSC)

Tujuh Ratus Kendaraan di Amankan

BritaBrita.com Palembang.-  Memasuki hari ke 5 Asian Games 2018, penumpukan volume kendaraan ,tepatnya di depan pintu masuk utama Jakabaring Sport City (JSC)  menjadikan suasana  macet dan semerawut, sehingga tidak enak untuk dipandang. Oleh karena itu, Dinas Perhubungan Kota Palembang , Kamis (23/8) melakukan  razia parkir liar tersebut.

Martha Edison, Kabid Oprasional dan Lalu Lintas Dishub Palembang  mengatakan, pihaknya tidak akan  pandang bulu saat melihat kendaraan melanggar aturan. Terutama di kawasan Jakabaring yang harus steril dari parkir liar.

” Kami tidak perduli, pokoknya melanggar kita tindak. Ada aturanya semua itu, jadi jangan semaunya.  Dari razia ini kita amankan setidaknya  ada  700 kendaraan, baik itu milik TNI, Polri, PNS dan pegawai stasiun yang bertugas. Tapi ini saya lihat mayoritas milik volunter,” jelasnya.

Sebelum razia, Martha mengaku sudah lebih dulu memberikan imbauan kepada masyarakat  agar tidak parkir di bawah stasiun. Terutama di trotoar karena menjadi akses khusus bagi pejalan kaki dengan menyebarkan spanduk ‘Dilarang Parkir’.

” Spanduk itu kan bisa di baca,  dilarang parkir. Eh malah nekat. Kalau  ini dijadikan tempat parkir, nanti pejalan kaki lewat mana. Apalagi volunter dan petugas LRT masa nggak tahu aturan. Kamu petugas stasiun, seharunya kamu beri contoh, jangan parkir di sini. ini jelas pelanggarannya, ini trotoar kenapa dipakai untuk parkir,” Martha menyesalkan sikap petugas yang tidak memberikan contoh baik.

Dishub Palembang Gelar Razia Parkir Liar di Kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Kamis, (23/8)

Pantauan BritaBrita.com (AsSajidin Group) , razia aparat gabungan ini pertama-tama dilakukan di stasiun LRT Jakabaring hingga di beberapa kawasan lainnya. Meskipun dalam razia tersebut banyak  terjadi  protes oleh pemilik kendaraan. Namun secara keseluruhan razia berjalan aman dan lancar.

” Kita lakukan ini semua demi kelancaran Asian Games 2018, tidak boleh ada parkir liar di sepanjang akses Inasgoc atau jalan protokol. Hari ini kita bina mereka dan motor dipindahkan ke Media Center di Dekranasda, tapi kalau besok masih parkir lagi akan kita tilang,”  tegasnya.

Menanggapi hal itu, AKBP Lisbeth,  Kasub Satgas Kantong Parkir Asian Games 2018 dari Ditlantas Polda Sumsel mengatakan,  pihaknya sudah menyediakan kantong-kantong parkir di seputaran JSC bagi para penonton. Dan  khusus untuk anggota sebelum Asian Games sudah kita kasih tahu bahwa tidak boleh ada motor parkir di badan Jalan.

“Kita sudah siapkan kantong parkir bagi masyarakat yang mau menonton . Ada  pintu 1, 2 dan 3. Jadi masyarakat bisa parkirkan kendaraan di sana. Ada di Dekranasda, lahan BPJS dan lokasi  digelarnya Sumsel Expo 2018. Khusus petugas, prihatin saya kok masih saja membandel. Tentu akan kita analisa dan evaluasi nanti,” tutupnya.

Reporter : Jemmy Saputera

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button