NASIONAL

Pemerintah Siapkan Rp560 Miliar untuk Gempa Palu dan Donggala

BritaBrita.com,JAKARTA-Tercatat sedikitnya 2,4 juta penduduk terkena dampak bencana alam gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9). Hingga saat ini sejumlah jalur masih terputus untuk menuju lokasi, sehingga distribusi logistik masih terkendala.

Pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp560 miliar untuk penanganan bencana. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dana ini merupakan dana siap pakai (on call) yang berada di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Permintaan dari BNPB sekitar hampir Rp 560 miliar,” kata dia di Jakarta, Minggu (30/9).

1. Pencairan dana bantuan dilakukan hari ini

Menurut Sri Mulyani, proses pencairan dana segera dilakukan paling cepat hari ini, agar BNPB bisa segera melakukan upaya penanganan bencana.

Melalui pencairan dana tersebut, pemerintah berkomitmen untuk fokus melaksanakan penyelamatan maupun penanganan terhadap para korban terlebih dahulu.

Untuk itu, tidak menutup kemungkinan dana tersebut dapat bertambah melalui pos belanja mendesak dari Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA-BUN) yang bisa dicairkan sesuai dengan kebutuhan.

2. Belum termasuk dana rehabilitasi infrastruktur

Pemerintah Siapkan Rp560 Miliar untuk Gempa Palu dan DonggalaAntara

Menkeu memastikan dana tersebut belum digunakan untuk rehabilitasi sarana infrastruktur, sebab prioritas utamanya adalah pada penanganan terhadap korban terdampak bencana alam.

“Jadi ini adalah masa emergency. Bantu masyarakat agar korban seminimal mungkin atau mereka yang sakit. Rumah sakit, dan lainnya, nanti kita lihat ‘assesmen’ dari kerusakannya,” ujarnya.

3. Korban jiwa capai 420 orang

Sebelumnya, BNPB mencatat terdapat 2,4 juta penduduk yang terkena dampak gempa bumi pada Jumat (28/9), dan tersebar di 13 kecamatan di Donggala serta delapan kecamatan di Palu.

Hingga Sabtu sore (29/9), jumlah pengungsi di Palu diperkirakan berjumlah 16.700 orang dan tersebar di 24 titik.

Seperti dilansir idntimes, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah korban yang meninggal dunia akibat gempa bumi yang melanda Kota Palu sebanyak 420 orang hingga Sabtu malam.

“Itu baru yang di Kota Palu, belum yang di Kabupaten Donggala dan Sigi,” kata Kepala BNPB Kepala ¬†Willem Rampangilei di Posko Satuan Tugas Khusus Penanggulangan Bencana di halaman rumah jabatan Gubernur Sulawesi Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button