PALEMBANG

Banjir Landa Palembang, Harnojoyo Minta Warga Sabar dan Jaga Kebersihan

BritaBrita.com, Palembang – Banjir yang melanda kota Palembang membuat Wali Kota Palembang, H Harnojoyo angkat bicara. Harnojoyo meminta warga untuk bersabar dan ikut bersama menjaga kebersihan seperti gotong royong yang sesuai program kerja pemerintah.

“Inilah upaya gotong royong yang kita lakukan tiap minggu, mungkin kalau kita tidak gotong royong, banjir akan bisa lebih parah dari Ini,” kata Harnojoyo usai membuka acara Seminar Pemuda di Wyndham Hotel, Selasa (13/11/2018)

Menurutnya, banjir di Palembang sulit dihindari dikarenakan letak topograpi Palembang yang merupakan 53% rawa. Namun begitu pemerintah sedang mengupayakan dan terus melakukan pembenahan.

“Nanti kita upayakan, sungai sekanak akan didalami lagi, dan ada beberapa kolam rentensi yg akan difungsikan sesuai dengan peruntukannya. Ketika tidak hujan, kolam ini akan kita sedot dan dikeluarkan,” jelasnya.

Harnojoyo menegaskan pihak kecamatan, balai, pemadam kebakaran, dinas PU sudah bergerak. Dan ada beberapa tempat yang akan disedot, seperti Punti Kayu. Kemudian ada dua mobil penyedot dari balai untuk menyedot genangan air.

Menyikapi banjir di Palembang, Riza, Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah mengatakan bahwa banjir kali ini termasuk banjir terparah dari banjir sebelumnya.

“Hujannya dari jam 10 malam sampai jam 6 pagi, jadi banjirnya parah,” katanya yang tinggal di belakang RS Umum.

Lain lagi dengan Lusi, Mahasiswi UIN Raden Fatah yang mengatakan bahwa banjir tidak hanya PR bagi pemerintah, namun merupakan PR bagi semua masyarakat agar kota tidak terkena dampak banjir.

“Jika kita bekerja sama dengan baik, kita bisa menciptakan lingkungan tidak rawan banjir”katanya

Reporter : Tri Jumartini Ilyas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button